twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 21 Desember 2022

Aksi Seru Gelaran Master Demo & Duplication with Chef Lusi di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Usung Konsep Mexican Style Food, Fish Tacos with Guacamole Sauce Disajikan ala Restoran di Hotel Berbintang


GELARAN Master Demo & Duplication with Chef Lusi F. Noor, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group kali ini mengusung konsep Mexican Style Food dengan menu masakan bertajuk Fish Tacos with Guacamole Sauce yang tasty & deliciously. Demo masak menu American Cuisines yang dihadiri 13 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi itu dihelat di Kitchen Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244, Senin (12/12/2022) pagi.

 

Konsep Mexican Style Food yang keren tersebut diangkat Chef Lusi karena terinspirasi keunikan menu American Cuisines tersebut yang tetap eksis hingga saat ini karena kelezatannya. Masakan favorit tersebut memadukan unsur karbohidrat, sedikit lemak, protein, aneka vitamin dan mineral essensial yang menyehatkan tubuh.

 

”Diusungnya menu masakan Fish Tacos with Guacamole Sauce dalam gelaran Master Demo & Duplication kali ini karena menu tersebut memang tidak tersedia di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sebelumnya sudah dibagikan kepada mahasiswa,” kata Chef Lusi, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group.

 

Dengan mengusung konsep Mexican Style Food yang keren, maka penyajian menu masakan Fish Tacos with Guacamole Sauce tersebut di-plating semenarik mungkin, berkelas dan eksklusif layaknya makanan di restoran terkemuka sebuah hotel berbintang. Fish Tacos with Guacamole Sauce ini melengkapi aneka menu spesial yang tersedia di restoran Mexican Food.

 

Di antara menu-menu favorit itu adalah Matt Preston’s Mexican Black Bean & Corn Nachos, Sticky Pork Neck Soft Tacos with Picked Cabbage, Smoky Cauliflower Tacos with Salsa Macha Broccoli Joy & Pickled Onion, Matt Moran’s Fish Tacos, Kingfish Cevich Tacos, Spicy Chorizo Enchiladas, Taco Rice with Grilled Chicken & Green Chili Salsa, Darren Robertson’s Chicken Tacos with Charred Corn, Slow-cooked Chicken with Brown Rice & Avocado, Guacamole with Spiced Cucumber dan Tacos de Carne Asada.

 

Dengan konsep yang superkeren tersebut maka cara menghidangkan Fish Tacos with Guacamole Sauce itu bukan ala fast food atau food truck di pinggir jalan, melainkan dikemas seelegan mungkin menyesuaikan diri dengan segmen pasar menengah atas yang dibidik pengelola restoran tersebut.

 


Untuk mempercepat pekerjaan selama di kitchen, Chef Lusi melibatkan empat tim mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi (masing-masing tim beranggotakan 3-4 mahasiswa), untuk menduplikasi teknik masak Fish Tacos with Guacamole Sauce sejak prepare membuat mem-fillet daging ikan Dori, membumbui lalu menggorengnya hingga menyiapkan aneka sayuran (iceberg, lettuce dan red cabbage) untuk membuat Mix Vegetables Salad lengkap dengan tartar sauce-nya.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Lusi juga mendemokan cara membuat Taco Bread (roti khas Mexico) sebagai pengganti nasi. Roti yang crispy itu berasa gurih (savoury taste) setelah digorehg di atas minyak panas. Mahasiswa juga diajarkan cara membuat Guacamole Sauce. Bahannya sendiri meliputi garlic, onion dan buah avocado yang dihaluskan, lalu ditambahkan seasoning secukupnya.

 

Setelah semua tahapan pekerjaan rampung, Chef Lusi pun memungkasinya dengan mem-plating sendiri Fish Tacos with Guacamole Sauce yang lezat itu di atas piring agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas, layaknya penyajian makanan di restoran terkemuka sebuah hotel berbintang.

 

Giliran selanjutnya masing-masing tim, diminta menduplikasi pekerjaan di kitchen itu step by step seperti yang dicontohan hingga proses mem-plating-nya, sebelum hasil kerja masing-masing tim tersebut dievaluasi dan dinilai langsung oleh dosen pembimbing. Amazing banget Bossque. Good jobs! Chef

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar