twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 25 Desember 2022

Asyiknya Mahasiswa Belajar Fruits & Vegetables Carving Bersama Chef Andi Indarto


Mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit Tampilkan Aneka Kreasi Fruits & Vegetables Carving nan Cantik


SEBANYAK 13 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tampak asyik belajar seni memahat sayur dan buah-buahan (Fruits & Vegetables Carving) selama dua kali pertemuan,yakni Senin (05/12/2022) dan Senin (12/12/2022) pagi bersama Chef Andi Indarto, Dosen Luar Biasa Akpar Majapahit, di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Mereka pun antusias mengikuti teori dan praktik seni menghias sayur dan buah-buahan yang disampaikan Chef Andi, sapaan akrabnya, saat mendampingi mahasiswa belajar memahat sayur dan buah di Kitchen Graha Tristar, belum lama ini. Pelajaran ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang mengambil studi Culinary Art di lembaga pendidikan tinggi tersebut.


Sebelum praktik menghias sayur dan buah-buahan dimulai, mahasiswa lebih dulu dikenalkan teori menghias sayur dan buah-buahan di kelas. Setelah itu mereka langsung diajak praktik. Bahannya antara lain Pepaya, Melon, Semangka, Mentimun, Wortel, Tomato Cherry, Mix Herbs, Lobak, Roat Bit, Waluh (Pumpkin) dan lain-lain.


Peralatan yang disediakan untuk  praktik menghias sayur dan buah-buahan antara lain aneka jenis pisau untuk menghias sayur dan buah-buahan yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Pasalnya, untuk membeli pisau jenis ini memang tersedia di toko swalayan dalam wadah satu set dan tidak dijual per item.


Setelah Chef Andi menjelaskan dasar teorinya dan mempraktikkan langsung bagaimana tata cara menghias sayur dan buah-buahan di hadapan mahasiswa, selanjutnya dosen mempersilakan masing-masing mahasiswa mempraktikkan apa yang sudah diajarkan sebelumnya.


”Kalian tidak perlu takut kalau salah atau hasil pahatan kaliah kurang bagus, yang penting bisa memeragakan bagaimana teknik men-slice sayur dan buah, lalu menghias sayur dan buah-buahan secara baik dan benar dengan hasil yang memuaskan," terang Chef Andi yang membagi ilmunya kepada mahasiswa ketika memeragakan cara menghias buah dan sayuran.


Hasil kreasi tangan-tangan trampil inilah yang membuat penampilan pesta pernikahan, misalnya, jadi sangat berbeda dari biasanya. Pada gilirannya membuat tamu undangan pun senang berkat penampilan eksotik dari sebuah karya seni menghias sayur dan buah-buahan.(fruits & vegetables carving).


Untuk menghangatkan suasana di Kitchen Graha Tristar, setiap mahasiswa yang hadir pagi itu diminta membuat kreasi plating dari praktik bertajuk Vegetables Carving yang sebelumnya diajarkan Chef Andi, namun hasil akhir diserahkan masing-masing personel sesuai imajinasi mereka sendiri.


”Setelah berjibaku di kitchen sekitar 60 menitan, kreasi masing-masing mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tersebut saya minta diletakkan di meja display untuk dikritisi dan dinilai hasil kerjanya,” pungkas Chef Andi Indarto kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya. Good jobs! Bro & Sis. Comgratulations


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar