twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 06 Desember 2022

Memotret Keseruan Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Ernawati


Mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi Diajarkan Buat Korean Strawberry Milk, Minuman Kekinian yang Bergizi


MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, diajarkan membuat Korean Strawberry Milk, minuman kekinian yang bergizi di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Lantai Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (06/12/2022) pagi. Selama praktik Food Technology, mahasiswa dibimbing Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Ernawati.

 

Pada pertemuan kali kedua, 12 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu dibagi menjadi dua tim. Tim A (enam orang) praktik membuat Korean Strawberry Milk, sedangkan Tim B (enam orang) juga diminta membuat Korean Strawberry Milk, minuman kekinian yang menyegarkan dan bergizi. Sementara itu pada tatap muka kali pertama, mahasiswa diajarkan membuat Guava Juice yang segar dan menyehatkan.

 

Menurut Chef Erna, sapaan akrab Ernawati, resep untuk membuat minuman kekinian asal Negeri Ginseng (Korea) tersebut menggunakan pendekatan skala home industry (industri skala rumahan). Dengan demikian, jika mahasiswa ingin membuka usaha sendiri di rumah, maka Anda bisa memanfaatkan resep tersebut.

 

Bahan yang dibutuhkan demi membuat kreasi Korean Strawberry Milk antara lain syrup (20-25 gram), pure strawberry (25 gram), fresh milk (150 cc), dan botol plastik ukuran 200 ml yang sudah ditempeli stiker nama produknya.

 

Untuk membuat minuman kekinian tersebut, maka masing-masing tim harus melakukan dua tahapan pekerjaan di cold kitchen Graha Tristar Surabaya. Pekerjaan pertama adalah membuat Syrup. Bahannya terdiri dari sugar (600 gram), glucose syrup (250 gram), water (300 ml) serta tambahkan food flavouring dan food colouring secukupnya.

 

Sedangkan pekerjaan berikutnya membuat olahan Pure Strawberry. Untuk bahannya meliputi strawberry fresh (100 gram), sugar (30 gram) dan water (2 tbsp). Hasil olahan pure strawberry tersebut tampilannya mirip dengan selai atau jelly dengan tekstur lembut dan kental berwarna merah khas warna buah strawberry yang sudah matang.

 

Setelah semua tahapan pekerjaan rampung, giliran selanjutnya adalah memasukkan syrup (20-25 gram) dan pure Strawberry (25 gram) dan fresh milk (150 ml) ke dalam botol plastik berukuran 200 ml. Inilah Korean Strawberry Milk! Minuman kekinian yang disuka generasi millennial di Surabaya dan sekitarnya.

 

”Untuk hasil yang terbaik, Korean Strawberry Milk itu sebaiknya didinginkan dalam lemari es (refrigerator) pada suhu sekitar 15*C lebih dulu. Dengan penyimpanan seperti itu, minuman kekinian tersebut bisa bertahan sampai sebulan lebih dan minuman itu masih layak dikonsumsi,” terang Chef Ernawati kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Selasa (06/12/2022) siang.

 

Teknik pembuatan minuman kekinian yang diaajrkan kepada mahasiswa tersebut relatif sederhana dan langsung bisa diaplikasikan untuk usaha skala rumahan (home industry). Untuk usaha komersial, maka harga jual Korean Strawberry Milk itu berada dalam kisaran @ Rp 15.000-an per botol dengan Harga Pokok Produksi (HPP) kurang dari Rp 10.000 per botolnya.

 

”Sebelum Korean Strawberry Milk itu dimasukkan lemari pendingin (kulkas), saya minta perwakilan mahasiswa untuk mem-plating minuman kekinian tersebut agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas ketika didokumentasikan,” pungkasnya. Good jobs! Chef. Amazing banget …



Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar