twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 18 Desember 2022

Perkuliahan Perdana Prodi Baru D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) Dimulai Juli 2023


Dapatkan Gelar S.Tr.Bns dalam Waktu 7 Semester Hanya di Politeknik Surabaya Program Studi D4 Bisnis Jasa Makanan

 

PERKULIAHAN perdana Program Studi (Prodi) baru D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya (member of Tristar Group) dijadwalkan mulai Juli 2023 mendatang. Sampai saat ini tercatat sudah lebih dari 30 mahasiswa baru yang terbagi dalam dua kelas, bergabung untuk mengambil prodi baru tersebut.

 

Persiapan untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru (maba) di West Campus Ruko Plaza Segi Delapan Blok A 827-A 829 Sukomanunggal Darmo Permai itu sendiri juga sudah kelar. Lokasi kampusnya tidak jauh dari Pakuwon Trade Centre (PTC), salah satu Central Business District (CBD) terkenal yang sedang berkembang pesat di Surabaya Barat.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk dididik menjadi seorang calon Foodpreneur yang andal dan sukses, sekarang saatnya Anda mengukir masa depan yang cerah dengan mengikuti Prodi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya yang lagi booming pasca pandemi Covid-19.

 

Prodi baru ini mengajak mahasiswa lulusan D3 Perhotelan (Culinary Art dan Pastry Art) yang ingin memperdalam ilmunya di sektor Food Technology dan Culinary Business skala mikro (café & resto) maupun makro (usaha dengan mengaplikasikan mesin-mesin skala industri).

 

”Dengan kurikulum yang lengkap dan kompleks, Prodi D4 BJM diharapkan jadi pilihan cerdas mahasiswa yang ingin meniti karier lewat jalur Pendidikan tinggi yang fokus melahirkan entrepreneur di bidang makanan sekaligus menjadi seorang Foodpreneur yang andal dan sukses. Moto kami adalah Be a Great Entrepreneur,” kata Ir Juwono Saroso MM., M.MPar., Presdir Tristar Group kepada www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Senin (19/12/2022) pagi.

 

Kalau di level Universitas, prodi baru D4 BJM Politeknik Surabaya itu setara dengan Pendidikan Strata Satu (S1) dan lulusannya nanti berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Bisnis (S.Tr.Bns). Misalnya, jika Anda mengambil prodi D4 BJM Politeknik Surabaya dari awal masuk sudah menentukan, waktu studinya tujuh semester bisa lulus sarjana dan mendapat gelar S.Tr.Bns. ”Inilah kelebihannya,” tandasnya.

 

Sementara itu jika mahasiswa D3 Teknologi Pangan (3 tahun), ingin melanjutkan ke S1 Teknologi Pangan, maka lama pendidikannya bisa ditempuh tidak lebih dari tiga semester atau (1.5 tahun) dan lulusannya nanti berhak meyandang gelar S.TP.

 

Masih menurut Juwonio, Politeknik Surabaya yang bernaung di bawah Yayasan Dharma Bakti Surabaya, sejak setahun lalu proaktif mengenalkan prodi baru tersebut lewat atraksi baking demo yang dilengkapi dengan pengoperasikan mesin produksi kepada jajaran mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Food & Beverage (FB) Product atau Culinary Art dan Pastry Art Tristar Group.

 

Baking demo tersebut dengan menggunakan mesin Dough Sheeter. Pemanfaatan mesin Dough Sheeter itu bisa untuk membuat aneka kreasi Croissant (Sausage Croissant, Mushroom Croissant, Cheese Croissant, Croissant Sandwich dan Bicolor Croissant), Cream Horn, Pisang Bolen, Prawn in Puff, Fruit Railways, Danish Peach, Raisin Cinnamon Danish, Danish Square dan Danish Pocket.

 

Mesin Dough Sheeter untuk menipiskan adonan. Dalam skala industri menengah besar mesin tersebut bisa menggantikan alat roll manual yang dioperasikan dengan tangan manusia. Hasil nge-roll adonan berlapis yang sudah kalis itu tentunya jauh lebih rata dan halus daripada nge-roll pakai tangan karena tekanan roll yang berputar pada mesin Dough Sheeter lebih stabil.

 

Tebal tipisnya layer dough pada mesin Dough Sheeter juga bisa diatur sesuai keinginan dari operatornya. Skala ketebalan layer dough bisa disetel mulai 1 mm hingga 30 mm. Untuk membuat aneka kreasi Croissant, misalnya, ketebalan layer dough yang direkomendasi sekitar 3-5 mm.

 

Mengingat untuk membuat Croissant butuh minimal tiga kali nge-roll adonan yang sudah kalis dan tiga kali pendinginan di mesin chiller, sebelum adonan yang sudah dibentuk seperti kerang itu ditaruh di mesin pengembang kue (proofer) selama 45 menitan dan akhirnya di-bake (mesin pengovenan) pada suhu 160*C selama 20-25 menit.

 

Setelah sukses menggelar atraksi baking demo membuat aneka kreasi Croissant dan Puff Pastry yang dilengkapi dengan pengoperasian mesin Dough Sheeter, sekarang giliran menggelar cooking demo seputar cara membuat Tahu Bakso, Pentol, Siomay dan Bumbu Bakso Instan hingga menyajikan Bakso Premium lengkap dengan kuahnya di meja display produk.

 

Selama cooking demo tersebut, juga dikenalkan teknik pengoperasian Packaging Machinery (Sachet Forming & Sealing Machine) dan mesin Vacuum Sealer Makanan Portable. Proses masak dari A to Z itu nantinya juga diajarkan kepada mahasiswa Prodi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM), demi mencetak Foodpreneur yang andal dan sukses di bidangnya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Politeknik Surabaya (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus A Tristar Group, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar