twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 24 Desember 2023

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Aneka Kreasi Japanese Food di Kitchen Modern Graha Tristar


Mahasiswa Culinary Art Class Diajarkan Chef Nadya Cara Buat All About Sushi, Aneka Kreasi Sushi Kekinian ala International Japanese Restaurant



CHEF Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group), berbagi ilmu cara membuat All About Sushi, aneka kresi sushi kekinian ala International Japanese Restaurant. Praktik masak aneka kreasi sushi nan keren bertajuk Day of Sushi itu dilaksanakan di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (18/12/2023) pagi.



Praktik masak membuat aneka kreasi sushi itu merupakan menu Japanese Food yang diajarkan Chef Nadya kepada 12 mahasiswa Culinary Art Class pada tetap muka hari pertama, pekan ketiga sebelum liburan Natal dan Tahun Baru 2024.


Kali ini 12 mahasiswa yang hadir pagi itu dibagi menjadi dua tim (Tim A dan Tim B). Masing-masing tim beranggotakan enam mahasiswa. Chef Nadya mengajarkan cara membuat maki sushi (sushi yang filling-nya hanya satu macam, misalnya, crab meat stick, prawn for tempura, small kyuri (timun Jepang), tamago (egg) dan avocado.


Selain itu, Chef Nadya juga memberi contoh teknik membuat sushi dengan filling-nya lebih dari satu, sehingga diameter sushi tersebut lebih besar dari maki sushi karena filling-nya terdiri dari crab meat stick, small kyuri, tamago dan avocado sekaligus.


Sebelum di-roll bareng filling-nya, maka bahan utama untuk membuat sushi adalah grain rice, sticky rice, mirin, vinegar, salt & pepper, nori dan water. Teknik nge-roll-nya pun perlu hati-hati agar hasilnya nanti sesuai ekspektasi di mana filling-nya benar-benar berada di dalam gulungan rice dan nori.


Jika maki sushi, posisi norinya berada di lapisan terluar, namun kalau uramaki sushi maka yang diluar justru nasinya, sedangkan nori dan filling-nya berada di dalam. Demi membuat uramaki sushi perlu latihan tersendiri agar nasinya bisa di-roll dengan baik dan tidak lengket di permukaan sushi roll (sushi maker)-nya.


Dalam kesempatan itu, mahasiswa Culinary Art Class juga diajarkan cara membuat tempura batter, di mana yang dibutuhkan adalah egg, all purpose, potato starch dan ice dashi water. Sedangkan bahan untuk membuat condiment-nya terdiri atas mayonnaise, chili sauce dan sesame oil.


Selama berjibaku di Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya, pekan lalu, baik Tim A maupun Tim B tampil all out demi mempersembahkan aneka kreasi sushi dengan tampilan kekinian yang banyak disuka kebanyakan generasi millennial.


Setelah bekerja selama 120 menitan, baik Tim A maupun Tim B diminta untuk mem-plating dua kreasi sushi yakni maki sushi dan uramaki sushi sesuai kreativitas masing-masing. Untuk standar garnish menu masakan Japanese Food biasanya memanfaatkan tomato cherry, parsley leaf, cilantro leaf, spring onion, tuilles dan red chilli.


Hasl plating-an aneka kreasi sushi yang dipersembahkan Tim A (Fransisca dkk.) maupun Tim B (Dimas cs.), selanjutnya dievaluasi oleh Chef Nadya dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. So cool. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar