twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 30 Desember 2023

Serunya Aksi Mahasiswa Culinary Art Praktik Entrepreneurship di Kitchen Modern Graha Tristar


Tim A Sukses Produksi 228 Paket Buffalo Chicken Wings dan Tim B Tampilkan 157 Paket Chicken Katsu, Dua Kreasi Makanan yang Disuka Generasi Millennial

 

DEMI menyukseskan Program Entrepreneurship di kalangan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) sekaligus mendidik mereka menjadi calon pebisnis jasa makanan yang andal, maka mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari dibimbing Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group Chef Yanuar Kadaryanto, juga turut mengambil bagian dalam menyemarakkan perhelatan itu.

 

Pada perlaksanaan Program Entrepeneurship kali ini, dua tim mahasiswa (Tim A dan Tim B) dari 17 mahasiswa Culinary Art Class tentunya menyiapkan dua menu makanan kekinian yang disuka generasi millennial, yakni Buffalo Chicken Wings dan Chicken Katsu, untuk tujuan komersial dengan harga murah meriah (tapi bukan murahan) dan tak membuat kantong bolong.

 

Tim A yang dimotori Nathania Emanuella bersama delapan personel lainnya berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi masak Buffalo Chicken Wings, yang dibandrol hanya Rp 20.000 per paketnya dari harga pokok produksi (HPP) yang hanya sebesar Rp 9.500 untuk setiap paketnya.

 

Para proses produksi Tahap Pertama, Rabu (13/12/2023), misalnya, Tim A mampu memproduksi 123 paket Buffalo Chicken Wings. Nathania mengaku kaget karena angka penjualannya bisa tembus di atas 100 paket dari target minimal 75 paket Buffalo Chicken Wings yang tasty & deliciously.

 

“Awalnya kami bersama rekan-rekan anggota Tim A hanya mengejar angka penjualan ideal 90-an paket, ternyata pelanggan yang memesannya lewat media sosial Instagram (IG) dan WhatsApp (WA) malah membludak sehari jelang hari H produksi hingga akhirnya tembus di angka 123 paket,” terang Nathania seraya tersenyum sumringah.

 

Dan trend positif ini kemudian berlanjut pada proses produksi Tahap Kedua, Rabu (20/12/2023), pekan lalu, di mana Tim A mampu membukukan angka penjualan sebanyak 105 paket dari target minimal 75 paket Buffalo Chicken Wings. Sehingga total produksi yang dibuat Tim A sebanyak 228 paket Buffalo Chicken Wings.

 

”Fakta empiris ini tentu membanggakan kami. Jerih payah kami selama dua kali berjibaku di hot kitchen kampus sepertinya telah terbayar lunas,” tambah Nathania Emanuella kepada kru www.sekolahmasak.info, pekan lalu.

 

Hal senada juga diakui Ketua Tim B, I Made Ananda Kurnia Putra. Dirinya bersama tujuh anggota Tim B pun bahu membahu di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya demi membuat Chicken Katsu ala-ala menu masakan Japanese Food dengan tampilan masa kini yang tentunya disuka generasi millennial.

 

Sebelum melakoni proses produksi di hot kitchen, pihaknya telah mempresentasikan menu makanan andalannya itu di hadapan dosen pembimbing. Tepatnya pada saat menggelar test food dan presentasi proposal usaha di ruang kelas. Dari situ pihaknya pun sepakat untuk mematok harga jual Chicken Katsu Rp 23.000 per paketnya dari harga pokok produksi (HPP)-nya sebesar 12.500 untuk setiap paket.

 

”Selama proses produksi Tahap Pertama, Tim B mampu memproduksi 80 paket Chicken Katsu, sedangkan pada gelaran proses produksi Tahap Kedua, Rabu (20/12/2023), kami hanya membuat 77 paket Chicken Katsu dari target minimal 75 paket,” jelas Ananda di sela-sela kesibukannya menyiapkan pengemasan produk di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Dengan dua kali proses produksi, pihaknya bersama tujuh anggota Tim B lainnya mampu membuat 157 paket Chicken Katsu. Produksi sebanyak itu semuanya sudah terdistribusikan kepada pelanggan setia. Dari hitung-hitungan ala pengusaha jasa makanan, dengan harga jual Rp 23.000 per paket Chicken Katsu dan HPP tidak lebih dari Rp 12.500, maka keuntungan kotor Rp 10.500 untuk setiap paketnya.

 

”Dari perhitungan tersebut, kami masih punya kewajiban untuk setor 10 persen dari omzet kepada pihak kampus untuk sewa kitchen (air bersih, elpiji, listrik dan peralatan masak). Dari hitung-hitungan riil, kami perkirakan bisa menangguk laba bersih sekitar Rp 8.200 per paket. Jadi angka itu masih lumayanlah bagi pebisnis pemula seperti kami,” ujarnya.merendah. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar