twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 24 Desember 2023

Melihat Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Korean Food di Kitchen Modern Graha Tristar


Pesona Tiga Menu Masakan Korea, Beef Bulgogi, Galbi Jjim dan Beef Doenjang Jiggae nan Menggoda, Persembahan Mahasiswa Culinary Art Class



UNTUK kali kesekian enam tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, menunjukkan aksi ciamiknya saat praktik masak tiga menu masakan populer dari Negeri Ginseng (Korea), yakni Beef Bulgogi, Galbi Jjim dan Beef Doenjang Jiggae yang lezat. Praktik masak aneka kreasi menu masakan Korean Food itu dihelat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (18/12/2023) lalu.

 

Tiga menu masakan tersebut merupakan materi praktik masak Korean Food hari pertama yang wajib dilakoni oleh 16-an mahasiswa yang hadir pagi itu. Masing-masing tim (Tim A, B, C, D, E dan F) pun tampil antusias, demi masak Beef Bulgogi, Galbi Jjim dan Beef Doenjang Jiggae layaknya menu masakan Korea di hotel-hotel berbintang dan restoran ternama di Surabaya.

 

Praktik masak tiga menu American Cuisines tersebut menekankan cara pengolahan beef dan rib (daging dan iga sapi) lengkap dengan aneka vegetables dan bumbu ala menu-menu masakan khas Negeri Ginseng (Korea) yang tasty & deliciously.

 

Selama praktik masak di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya, enam tim mahasiswa tersebut disupervisi langsung oleh Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group), Chef Yanuar Kadaryanto.

 

Demi masak Beef Bulgogi, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan adalah beef di-slice kemudian dimarinasi selama 20 menitan dengan menambah sejumlah bahan berikut bumbunya mulai sesame seed, minced garlic (di-grill) bersama ginger, green onion, soy sauce, sake, canola oil, sugar, redpepper powder (gocujhang) atau tambahkan juga ground blackpepper yang masih freshly.

 

Selanjutnya mahasiswa juga diminta Chef Yanuar, membuat Galbi Jjim. Pekerjaan pertama menyiapkan filling-nya di mana bahan yang dibutuhkan meliputi short rib (di-blanching lebih dulu sampai matang), radish (daikon) dan carrot dipotong cube, chestnuts (kacang kastanya) dan tambahkan juga kurma China (jujube).


Pekerjaan berikutnya selama masak Galbi Jjim adalah menyiapkan sejumlah bahan seperti shitake mushroom, soy sauce, mirin, sugar, ground blackpepper, gaerlic dan ginger, lalu di-stew hingga mendidih (heat).

 

Sementara itu menu makanan terakhir yang dimasak mahasiswa adalah Beef Doenjang Jiggae. Bahan yang diperlukan demi masak Beef Doenjang Jiggae terdiri beef-nya di-slice/ground lebih dulu, baru oil dan garlic-nya di-sautee sampai keluar aroma harum.

 

Sedangkan bahan pendukung yang lainnya adalah potato (di-dice), onion (di-slice), zucchini (juga di-slice), doenjang paste, firm tofu (juga di-dice), green chili, gochuru dan water (masuk dahulu sebelum beef).

 

Setelah masing-masing tim yang berjibaku di hot kitchen, mereka pun dipersilakan mem-plating tiga menu masakan Korean Food legendaris tersebut agar tampilannya semakin keren dan berkelas, layaknya sajian menu makanan khas Korea di hotel berbintang di Surabaya.



Masing-masing tim juga diingatkan lagi bahwa standard garnish dari menu masakan Korean Food itu wajib memanfaatkan edible flower garnish, tomato cherry, parsley leaf dan tuilles. Tak pelak jika tiga menu masakan Korea tersebut semakin mempesona dan tentrunya menggoda selera makan Anda. Good jobs! Bro & Sis. Amazng banget

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar