twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 11 Desember 2023

Memotret Keseruan Mahasiswa Praktik Masak Aneka Menu Catering di Kitchen Modern Graha Tristar


Chef Nadya Ratri Aryani All Out Ajarkan Mahasiswa Culinary Art Cara Masak Sembilan Menu Makanan ala Catering yang Tasty & Deliciously



MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) Kelas A-2 Pagi antusias berlajar masak sembilan menu makanan ala catering yang tasty & deliciously bersama Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes. Praktik masak sembilan menu makanan ala catering, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, dilakoni mahasiswa selama lima kali pertemuan.


Dalam materi praktik masak menu ala catering tersebut, Chef Nadya mengajarkan anak didiknya tentang bagaimana cara memasak dalam jumlah banyak seperti pada pesta-pesta ulang tahun, pernikahan, peringatan acara-acara tertentu dan lain-lain. Praktik masak menu ala catering itu meliputi menu-menu masakan unggulan yang biasa ditemukan di pesta-pesta.


Praktik masak aneka menu catering ini diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit, mengingat bisnis catering (Jasa Boga) di Surabaya akhir-akhir ini mulai menggeliat kembali. Peluang menjanjikan ini diharapkan bisa ditangkap mahasiswa untuk merintis usaha kuliner sendiri termasuk buka bisnis catering kendati masih dalam skala rumahan (home industrial).

 

Dengan demikian, praktik masak aneka menu ala catering yang dilakoni mahasiswa Culinary Art Class ini bisa menjadi bekal untuk membuka usaha jasa catering sendiri di rumah. Resep masakan catering tersebut juga bisa dikreasi lebih lanjut mengikuti trend kekinian yang tentunya sangat disuka konsumen.


Melalui terobosan pembelajaran seperti ini diharapkan lahir mahasiswa yang berjiwa entrepreneur dan memiliki passion di bidang kuliner untuk mengembangkan ketrampilannya seputar masak memasak dengan merintis usaha catering (Jasa Boga) sendiri meskipun baru sebatas usaha rumahan.


Untuk merintis usaha catering bagi pemula, selain harus latihan membuat 70-75 resep menu catering berulang-ulang (demi meningkatkan skill memasak) sampai passion-nya tumbuh dan berkembang. Selain itu, mahasiswa juga wajib membekali dirinya dengan pengetahuan lain seperti hygiene & sanitation, costing, marketing & promotion dan management foodpreneur yang mumpuni.

 

Sedangkan aspek permodalan, bisa dipikirkan sambil usaha rintisan itu berjalan karena pihak perbankan biasanya tertarik membiayai usaha catering, setelah usaha rintisan (skala usaha kecil menengah) tersebut mulai kelihatan progress-nya.



Setidaknya ada sembilan menu favorit yang diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit pada pertemuan Hari Pertama, masak Sup Kimlo dan Empal (pertemuan Hari Pertama), sedangkan pada tatap muka Hari kedua, giliran membuat Ayam Kecap dan Soto Ayam Khas Lamongan.


Selanjutnya pada tatap muka Hari Ketiga, mahasiswa diajarkan membuat Bakso Komplit. Menu masakan Bakso Komplit itu sendiri meliputi penthol halus dan kasar, siomay, bakwan goreng, kuah bakso, mie (kuning) dan bihun, bawang merah goreng, dedaunan (daun bawang), kecap manis, sambal (chili sauce) dan tomato sauce-nya.


Sementara itu pada pertemuan Hari Keempat, Chef Nadya kermbali mengajak anak didiknya praktik masak menu catering demi membuat Pastel Tutup dan Spaghetti Panggang (Hari Keempat). Sedangkan pada tatap muka hari terakhir (Hari Kelima), mahasiswa kembali tampil all out demi masak Ayam Goreng Lengkuas dan Bistik Lidah.


”Aneka menu ala catering itu sendiri bisa Anda kreasi lagi jika kalian memang berminat untuk buka usaha jasa catering secara komersial dari rumah. Pasalnya usaha kuliner tidak ada matinya,” cetus Chef Nadya kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, di sela kesibukannya mendampingi mahasiswa praktik masak satu menu catering yakni Bakso Komplit pada pertemuan hari ketiga, Rabu (06/12/2023), pekan lalu,

 

Diakui Chef Nadya bahwa menu ala catering itu sebetulnya bisa berupa masakan tradisional khas Indonesia, mengadopsi masakan dari negara lain yang sudah sangat familiar di sini (fusion food), seperti menu-menu masakan ala Oriental Cuisines (Chinese Food), Japanese Food, Middle Eastern Cuisines (Timur Tengah) atau Continental Cuisines (Western Food). Amazing banget. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar