twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 07 Desember 2023

Antusiasme Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit Demi Sukseskan Program Entrepreneurship


Produksi Tahap Pertama, Tim A Buat 80 Paket Brownies Panggang, Tim B Persembahkan 57 Paket Korean Folding Cakes dan Tim C Bukukan 73 Paket Dessert Box

 

DEMI menyukseskan Program Entrepreneurship Triwulan III 2023, 19 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang terbagi dalam tiga tim (Tim A, B dan Tim C), tampil percaya diri di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (06/12/2023) pagi. Suasana di cold kitchen pagi itu terasa heboh banget karena masing-masing tim tampil all out, demi mempersembahkan kreasi produk pastry terbaiknya untuk tujuan komersial. Aksi seru mahasiswa di cold kitchen pagi itu juga diapresiasi dua orang tamu dari Prochiz (Garuda Food) saat berkunjung ke Graha Tristar Surabaya.

 

Selama praktik Entrepreneurship, mahasiswa Pastry Art Class itu disupervisi langsung oleh Chef Sari Palupi bersama asistennya, Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP.,agar produksi Brownies Panggang, Korean Folding Cakes dan Dessert Box yang diproduksi Tim A, B dan Tim C itu sesuai dengan ekspektasi.

 

Proses produksi pada Tahap Pertama, Rabu (06/12/2023), Tim A (Bryan Justine Amadeus., cs) berhasil membuat 80-an paket Brownies Panggang (dengan tiga varian topping rasa tiramisu, chocolate dan oreo) ”Browniverse”.  Brownies Panggang tersebut rasanya manis (sweet taste).


Sedangkan Tim B (Devin Alexander dkk) sukses memproduksi 57-an paket Korean Folding Cakes ”Enjoy” sekaligus mendistribusikannya kepada pelanggan yang telah memesannya melalui layanan media sosial seperti WhatsApp (WA), Facebook, Twitter maupun Direct Selling yang dibuka sejak H-7 lalu.



Sementara itu tujuh mahasiswa Pastry Art Class yang masuk Tim C (diketuai Agustinus Waradana Putra Nugraha) juga harus berjibaku di cold kitchen Graha Tristar, demi mempersembahkan 73 paket Dessert Box ”Dolce Bite”


Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Chef Sari Palupi pun mengapresiasi soliditas masing-masing tim yang tampil penuh antusias ketika bekerja di cold kitchen Lantai 2 Graha Tristar, demi suksesnya Program Entrepreneurship tersebut.

 

Proses produksi tiga kreasi produk pastry kekinian itu dilakoni 19 mahasiswa dalam dua tahapan. Proses produksi oleh Tim A, B dan Tim C pada Tahap Pertama dihelat di cold kitchen kampus, Rabu (06/12/2023). Sedangkan proses produksi oleh ketiga tim pada Tahap Kedua baru dilaksanakan dua pekan kemudian tepatnya pada Kamis (21/12/2023) mendatang.

 

Selama proses produksi pada Tahap Pertama, Tim A sukses membuat 80-an paket Brownies Panggang, di mana setiap paketnya berisi tiga buah Brownies Panggang dengan tiga varian rasa. Harga jualnya dibandrol Rp 15.000,00 per paketnya. ”Kerja cerdas tujuh  personel Tim A tidak sia-sia karena terbayar lunas dengan penjualannya laku keras alias sold out,” terang Bryan, Ketua Tim A kepada kru www.sekolahmasak.com di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, kemarin.

 

Untuk mempercepat sold out 80-an paket yang dibuat Tim A, pihaknya menerapkan target penjualan secara individual. Jika Tim A beranggota enam orang mahasiswa, maka setiap anggotanya dibebani tugas untuk menjual minimal 13-14 paket Brownies Panggang. ”Terobosan ini terbukti manjur karena 80-an paket tersebut telah sold out dari target minimal 70 paket,” tandasnya.



Modal awal untuk menyukseskan program ini, pihaknya urunan @ Rp 150.000,00 sehingga terkumpul Rp 900.000,00. Dari modal tersebut, pihaknya melakukan Presentasi Proposal dan Food Test di hadapan dosen pembimbing dan selanjutnya baru disetujui untuk memproduksinya dalam skala usaha komersial ala home industrial.

 

”Untuk memproduksi satu paket Brownies Panggang, maka harga pokok produksi (HPP)-nya tidak lebih dari Rp 7.000,00-an, sedangkan pendapatan kotornya sekitar Rp 9.000,00. Setelah dikurangi ongkos tenaga kerja, transport belanja, sewa kitchen kepada pihak kampus, packaging berikut pernak-perniknya, maka keuntungan bersih kami sekitar 50 persenan. Hitung-hitungan itu sudah cukup lumayanlah bagi pebisnis pemula,” paparnya.

 

Tidak mau kalah dengan koleganya, maka enam personel dari Tim B yang dimotori Devan Alexander juga tampil penuh semangat saat berjibaku di cold kitchen Graha Tristar, demi membuat 57-an paket Korean Folding Cakes (sweet taste) pada proses produksi Tahap Pertama, kemarin. Oleh pihak Kampus, Tim B juga dibebani target menjual produknya minimal 70 paket.

 

Masing-masing anggota tim (enam orang mahasiswa) pun getol menawarkan produk unggulannya tersebut kepada pelanggan melalui layanan media sosial seperti WhatsApp (WA), Facebook, Twitter maupun Dirrect Selling. Tujuannya untuk mempercepat penjualan sehingga semua produk yang dibuat bisa terserap pasar.

 

Diakui Devin, Korean Folding Cakes yang dibuat tim B tersedia dua varian rasa yakni chocolate dan strawberry. Harga per paketnya dipatok Rp 16.000 isi dua buah, sedangkan biaya produksi Korean Folding Cakes-nya sekitar Rp 8.000,00-an untuk setiap paketnya. Sementara itu modal awal yang terkumpul sebesar Rp 750.000,00 dari hasil urunan enam orang, @ Rp 125.000,00 per orang.

 

Selanjutnya Tim C yang dipimpin Agustinus Waradana Putra Nugraha, berjibaku di cold kitchen Graha Tristar bersama enam personel lainnya demi membuat Dessert Box ”Dolce Bite” sebanyak 73 paket dari target minimal 71 paket.

 

Modal awal yang terkumpul sebesar Rp 1.500.000,00 dari hasil patungan dengan tujuh mahasiswa anggota Tim C @ Rp 200.000,00 per orang. Harga jual Dessert Box per paketnya dibandrol Rp 25.000,00, sedangkan biaya produksinya sekitar Rp 18.000,00 an, berarti pendapatan kotornya Rp 7.000-an untuk setiap paketnya.



Sementara itu Chef Sari Palupi mengatakan, pihaknya memberikan kebebasan kepada setiap tim untuk berkreasi sesuai minat dan passion-nya masing-masing demi menghasilkan produk pastry yang terbaik. Inilah tantangan yang harus dihadapi pebisnis yang baru merintis usaha di bidang Patisserie.

 

”Sebelum Program Entrepreneurship itu berjalan sesuai ekspektasi, baik Tim A, B maupun Tim C juga sudah saya bekali ilmu cara menghitung biaya (food costing) agar dalam perjalanannya bisa meraih untung dan berhasil memenuhi target penjualan yang ditetapkan,” pungkasnya. The most incredible. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar