twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 27 Desember 2023

Asyiknya Mahasiswa Culinary Art Praktik Entrepreneurship with Chef Nadya di Hot Kitchen Graha Tristar


Demi Menangguk Cuan, Dua Tim Mahasiswa Culinary Art Jualan Dua Menu Makanan Kekinian, Japanese Bento Box dan Chicken Katsu Mentai Rice Bowl nan Lezat Harga Hemat

 

GELARAN Program Entrepreneurship yang diinisiasi pihak Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group) merupakan salah satu kegiatan positif yang ditunggu-tunggu mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, yang sehari-hari diasuh Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Nadya Ratri Aryani. 


Demi menyukseskan gelaran Program Entrepreneurship Triwulan III 2023, 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Kelas A-2 Pagi mendapat tantangan dari Chef Nadya untuk masak dua kreasi menu masakan Japanese Food kekinian untuk tujuan komersial. 

 

Tim A yang dimotori Fransisca bersama enam mahasiswa lainnya sepakat mengangkat menu Japanese Bento Box yang diyakini banyak disuka kalangan generasi millennial saat ini. Menu makanan masa kini tersebut sebelumnya sudah dipresentasikan di hadapan dosen pembimbing pada saat test food di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya, kira-kira sebulan yang lalu.

 

Sedangkan Tim B yang diketuai Gilbert Justyn Yang bersama empat mahasiswa yang lain, kompak menawarkan menu andalannya Chicken Katsu Mentai Rice Bowl. Salah satu menu Japanese Food kekinian yang lagi viral di Surabaya dan sekitarnya berkat kelezatan rasanya dibandrol dengan harga hemat bersahabat.

 

Selama prersentasi proposal usaha dan test food di hadapan dosen pembimbing, menu masakan Japanese Bento Box yang dipersembahkan Tim A ditawarkan dengan harga Rp 25.000 per paketnya, sedangkan Chicken Katsu Mentai Rice Bowl yang dibuat oleh Tim B dijual dengan harga hanya Rp 20.000 untuk setiap paketnya.

 

Sementara itu pada saat proses produksi yang berlangsung dua tahapan di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, masing-masing tim tampil penuh semangat demi memenuhi target minimal yang ditetapkan pihak kampus.  Tim A, misalnya, asyik banget berbagi tugas saat masak Japanese Bento Box untuk tujuan bisnis.

 

Selama produksi Tahap Pertama, Selasa (12/12/2023), Tim A membuat 80 paket menu Japanese Bento Box dari target minimal yang ditetapkan sebanyak 75 paket. Sedangkan pada proses produksi Tahap Kedua, Selasa (19/12/2023), Tim A sukses membuat 82 paket Japanese Bento Box.

 

”Demi menangguk cuan selama melakoni program entrepreneurship, kami berhasil memproduksi 162 paket Japanese Bento Box dari total target produksi sebanyak 150 paket. Sukses ini berkat kekompakan segenap anggota Tim A,” tutur Fransisca kepada kru www.sekolahmasak.info, di Kitchen Modern Graha Tristar, Selasa (19/12/2023).



Setiap paket Japanese Bento Box yang dijual kepada pelanggan, pihaknya menangguk keuntungan kotor Rp 12.000-an dari harga pokok produksi (HPP) sebesar Rp 13.000-an. Keuntungan kotor tersebut belum dipotong 10 persen dari omzet untuk disetorkan ke pihak kampus sebagai bentuk sewa fasilitas kitchen dan biaya operasional lainnya. Jadi laba bersih yang cukup realistis dari usaha tersebut adalah Rp 7.500-an per paket.

 

Sementara itu perjuangan Tim B yang dipimpin Gilbert demi menjual Chicken Katsu Mentai Rice Bowl cukup berat terutama pada proses produksi Tahap Kedua, karena hanya mampu terserap 55 paket dari target minimal sebanyak 75 paket. Sedangkan pada proses produksi Tahap Pertama, Tim B berhasil menjual 75 paket Chicken Katsu Mentai Rice Bowl sesuai target minimal yang ditetapkan pihak kampus.

 

Menurut Gilbert, dengan harga jual Chicken Katsu Mentai Rice Bowl yang dibandrol hanya Rp 20.000 per paketnya, maka keuntungan kotor yang berhasil diraup Tim B sekitar Rp 9.000-an karena harga pokok produksi (HPP)-nya tidak lebih dari Rp 11.000 untuk setiap paketnya.

 

”Syukurlah akhirnya kami berhasil menjalankan program entrepreneurship ini dengan penuh perjuangan setelah berjibaku di hot kitchen bersama empat personel lainnya,” kata Gilbert sambil tersenyum.

 

Sementara itu Chef Nadya Ratri Aryani yang mendampingi langsung dua tim tersebut bekerja di hot kitchen Graha Tristar, terus memompa semangat juang anak didiknya demi menyukseskan gelaran Program Entrepreneurship menjelang akhir tahun 2023.

 

Bagaimanapun juga semangat mereka berjuang sejak presentasi proposal, test food, memproduksi menu andalannya masing-masing tim hingga membuat laporan pertanggung jawaban usaha (LPJU), layak diapresiasi,” tandas Chef Nadya. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar