twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 24 Mei 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Buat Aneka Kreasi Chocolate Praline Bersama Chef Dwi Mei


Mahasiswa Baru Pastry Art Class Tampil Percaya Diri Buat Delapan Kreasi Praline Kekinian di Kitchen Graha Tristar

 

MAHASISWA baru Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, giliran diajarkan Chef Dwi Mei Retnowati teknik membuat delapan kreasi Chocolate Praline kekinian yang keren selama dua kali tatap muka, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (11/05/2022) pagi.

 

Sebelum praktik membuat aneka kreasi Chocolate Praline, Chef Mei, sapaan akrabnya, menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pembuatan dan pencetakan Chocolate Praline di hadapan anak didiknya,

 

Selain itu, Dosen Pengajar juga membekali pengetahuan tentang jenis coklat dan teknik pengolahan coklat hingga cara membuat berbagai ornament dengan motif daun, bunga, sulur (ulir), stick dan cigarette dari dark chocolate maupun white chocolate yang cantik.

 

Sesuai panduan praktik membuat aneka olahan produk pastry di Buku Ajar (Silabus), pada pertemuan hari pertama, Rabu (11/05/2022) pagi, 14 mahasiswa Pastry Art Class itu diajarkan membuat empat resep kreasi Chocolate Praline yakni Crunchy Peanut Butter Balls, Biscuit Nut Truffle, Valencia Praline dan White Ganache Praline.

 

Sedangkan tatap muka hari kedua, Selasa (17/05/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Class kembali dikenalkan cara membuat empat resep Chocolate Praline yang berbeda, yakni Strawberry Cheese Truffle, Rum Truffle, Nutty Vla Praline dan Biscoff Bites yang legit rasanya.

 

Selama praktik hari pertama, 14 mahasiswa itu dibagi dalam tujuh kelompok dan masing-masing kelompok beranggotakan dua mahasiswa. Setiap kelompok diberi tugas membuat satu dari empat resep kreasi Chocolate Praline, yakni Crunchy Peanut Butter Balls, Biscuit Nut Truffle, Valencia Praline atau White Ganache Praline.

 

“Namun saat mem-plating dan meng-garnish-nya, setiap anggota kelompok saya minta tampil secara individual agar lahir lebih beragam kreasi plating yang ditampilkan mahasiswa,” terang Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Dari empat resep tersebut, indikasi kreasi Chocolate Praline yang dibuat setiap kelompok mahasiswa itu berhasil jika tampilan permukaan produknya –dua produk Praline-- rata-rata mengkilap penampilannya, kecuali Crunchy Peanut Butter Balls dan Biscuit Nut Truffle, yang cenderung kasar dan buram (dop) karena tidak dicetak dalam cetakan, melainkan dibentuk bulat pakai tangan. 

 

Untuk menghasilkan tampilan produk Chocolate Praline yang menarik, mahasiswa juga harus paham teknik pengolahan coklat yang benar dan penggunaan bahan pewarna makanan (food coloring) yang tepat, sebelum praktik membuat Chocolate Praline di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.

 

”Demi hasil terbaik, mahasiswa juga diminta terus berkreasi ketika mem-plating produk Chocolate Praline yang baru selesai dibuat. Jika saat mengambil Praline dari ada bagian pinggirannya yang belum rata, Anda bisa rapikan dengan gunting kecil agar finishing-nya nanti terlihat halus dan rapi,” terang Chef Mei memberi tips cara membuat kreasi Chocolate Praline yang cantik dan menarik.

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar