twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 18 Mei 2022

Keseruan Aksi Mahasiswa Praktik Buat Aneka Kreasi Cupcakes Bersama Chef Renny Savitri


Selama Tiga Kali Tatap Muka, Mahasiswa Baru Pastry Art Diajarkan Buat 12 Kreasi Cupcakes Kekinian


SELAMA tiga kali tatap muka di Kitchen Pastisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi diajarkan Chef Renny Savitri teknik membuat 12 kreasi cupcakes kekinian yang keren sesuai standar industri perhotelan.


Di restoran-restoran hotel berbintang, aneka kreasi cupcakes kekinian itu biasanya disajikan pada saat breakfast, lunch buffet maupun dinner, sebagai menu makanan penutup atau dessert-nya. Citarasa kreasi cupcakes yang diajarkan kepada mahasiswa itu ada yang berasa manis (sweet taste), juga ada yang gurih/asin rasanya (savoury taste).


Pada pertemuan kali pertama, Rabu (20/04/2022), misalnya, mahasiswa baru Pastry Art Class diajarkan Chef Renny seputar cara membuat Ice Cream Cone Cupcakes, Corn Cheese Muffin, Dried Fruit Nut Loaf dan Biscoff on Chocolate Cupcakes yang berkelas.


Sedangkan pada tatap muka selanjutnya, yakni pada Senin (25/04/2022), Chef Renny kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat Spring Flower Cupcakes, Banana Cheese Muffin, Prunes Nut Bread dan Succulent Cupcakes yang cantik dan menarik tampilannya.


Sementara itu dalam pertemuan terakhir, Selasa (26/04/2022), mahasiswa Pastry Art Class kembali praktik membuat empat kreasi cupcakes yang berbeda, yakni Pretty Little Cupcakes, Chocolate Peanut Butter Muffin, Chocolate Lava Cake dan Cookie Monster Cupcakes yang elegan.


Untuk membuat Dried Fruit Nut Loaf, misalnya, maka bahan yang dibutuhkan meliputi icing sugar, margarine, egg, egg yok, cake flour (kunci biru), mix fruit, raisin, almond slice, cashewnut (di-chop lebih dulu) dan tambahkan dextrose. Adonan cupcakes yang sudah jadi lalu dimasukkan pada loyang persegi ukuran 10x20 cm2, sebelum di-bake pada suhu 180*c selama 30-35 menitan.


 

Sementara itu untuk resep kedua yakni Biscoff on Chocolate Cupcakes, maka bahan yang diperlukan terdiri atas butter, icing sugar, chocolate paste, rum bakar paste, egg yolk, egg, milk powder, menium flour (segitiga biru) dan baking powder.


Pekerjaan selanjutnya adalah membuat filling-nya yang bahannya berupa lotus biscoff spred, sedangkan bahan untuk membuat topping-nya meliputi chocolate dark compound (CDC) dan fresh cream.


”Sementara itu bahan untuk garnish-nya sendiri terdiri dari chocolate white compound (CWC), red cherry, lotus biscoff cookie dan cake case atau bisa juga menggunakan paper cup,” terang Chef Renny di hadapan anak didiknya.


Sebelum dikasih topping maupun garnish, lanjut Chef Renny, adonan Biscoff on Chocolate Cupcakes berikut flling-nya tersebut di-bake pada suhu 180*C selama 20-25 menitan lebih dulu. Setelah itu angkat cupcakes tersebut jika sudah matang sempurna.


Saat asyik mendampingi anak didiknya menghias cupcakes, Chef Renny Savitri kedatangan rombongan tamu dari Surabaya Suites Hotel di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Perhotelan Hardhita Kusdharyanto M.Par. Kedua tamu itu adalah Sales Manager Surabaya Suites Hotel Andrea Yulianti bersama Sales Executive Sadam. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar