twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 19 Mei 2022

Asyiknya Praktik Masak Western Food di Kitchen Graha Tristar Bersama Chef Ardi Santoso


Mahasiswa Culinary Art Persembahkan Garoupa with BBQ Sauce, Ensalada de Nacho Buena dan Buttermilk Pancake with Honey yang Superlezat

 

UNTUK kali kesekian, 12 orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi praktik masak Western Food (American Cuisines) bersama Chef Ardi Santoso, di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya. Pada pertemuan hari ketujuh, Rabu (11/05/2022) pagi, mahasiswa diajarkan teknik masak Garoupa with BBQ Sauce, Ensalada de Nacho Buena dan Buttermilk Pancake with Honey yang superlezat.

 

Menu Western Food kali ini menitikberatkan pada cara pengolahan ikan laut (seafood). Demi masak Garoupa with BBQ Sauce yang serat daging ikannya lembut dan gurih taste-nya, sejumlah bahan masakan yang dibutuhkan adalah garoupa fish (ikan kerapu), tomato ketchup, BBQ flavour, brown sugar, peanut oil, chili sauce, all spices powder, ngohiong, cumin, curry, coriander, clove, turmeric, HP sauce, garlic (di-chop), ginger (di-slice), onion (small dice dan di-saute) dan water.  

 

“Sebelum diguyur saus bumbu BBQ l saat akan mem-plating masakan tersebut, ikan kerapu setelah isi perut ikan dan sisik (kulit)-nya dibersihkan, lalu di-stem utuh selama 8-10 menitan. Angkat ikan tersebut jika sudah matang sempurna,” terang Chef Ardi kepada anak didiknya.

 

Sedangkan praktik masak menu berikutnya adalah membikin Ensalada de Nacho Buena (Salad)-nya yang segar. Bahannya meliputi orange, iceberg lettuce, apple (cuci potong cube atau di-slice agak tebal), banana, pineapple, beetroot, roasted peanut (disangrai), olive oil, white vinegar, sugar dan ditambahkan salt & pepper (S&P) secukupnya untuk taste-nya.

 

Tahapan pekerjaan terakhir adalah membuat Buttermilk Pancake with Honey. Untuk masak Pancake yang superlezat, maka bahan masakan yang dibutuhkan antara lain bread flour, baking powder, baking soda, salt (di-mix jadi satu lalu blender sampai adonanya kalis), buttermilk (fresh milk + lemon juice), egg, white sugar, vanilla (optional), strawberry fruit, icing sugar dan honey.

 

Praktik pengolahan makanan Western Food (American Cuisines) hingga pertemuan hari ketujuh itu sudah mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa Culinary Art Class diharapkan sudah bisa membaca resep sekaligus mempraktikannya di kitchen dengan baik.

 

”Mahasiswa juga saya beri kebebasan untuk berekspresi saat mem-plating ketiga menu masakan Western Food tersebut agar tampilannya semakin keren dan lezat rasanya, seperti penyajian makanan di hotel berbintang atau restoran terkenal di Surabaya,” kata Chef Ardi kepada kru www.sekolahmasak,info, di ruang kerjanya, pekan lalu. Good jobs! Bro & Sis. Very very cool …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar