twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 16 Mei 2022

Dari Kehebohan Praktik Masak Western Food di Kitchen Graha Tristar Bersama Chef Nadya Ratri


Dua Tim Mahasiswa Culinary Art Class Ramaikan Battle Cooking Demi Masak Beef Potato Soup, Potato Cake & South of the Border Baked Chicken

 

PADA tatap muka hari pertama praktik masak Western Food (American Cuisines) Rabu (20/04/2022) bersama Chef Nadya Ratri Aryani, dua tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi meramaikan gelaran battle cooking demi membuat Beef Potato Soup, Potato Cake dan South of the Border Baked Chicken, di Kitchen Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sebelum dua tim itu saling berjibaku di kitchen, Chef Nadya, lebih dulu berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara memilih, memasak dan meng-handling daging sapi maupun daging ayam. Mereka juga diajarkan teknik masak membuat Beef Potato Soup, Potato Cake dan South of the Border Baked Chicken dengan cita rasa khas menu Western Food.

 

”Pengolahan makanan Western itu secara umum lebih menekankan pada bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya,” terang Chef Nadya.

 

Demi masak Beef Potato Soup yang tasty misalnya, baik Tim 1 (Abul) maupun Tim 2 (Farizky) tampil all out selama bekerja di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya. Bahan untuk membuat Beef Potato Soup meliputi ground beef, onion, green bellpepper, flour, potato (di-small dice), paprika powder, cayenne pepper, salt, tomato paste, beef stock, seasoning demiglaze dan water secukupnya.

 

Selain itu kedua tim juga antusias saat masak Potato Cake. Untuk membuatnya butuh bahan seperti shredded potato, spring onion (di-slice), bread flour, egg, smoked beef (di-small dice) dan tambahkan seasoning secukupnya.


Terakhir, masak South of the Border Baking Chicken dimana daging ayam yang sudah dibumbui di-bake selama 40 menitan pada suhu 200*C. Bahan-bahan masakan untuk membuat menu istimewa ini terdiri atas chicken leg, egg, bread crumb, garlic (di-chop), cumin, oregano, flour dan margarine yang melted untuk boosting chicken, sedangkan tomato cherry dan iceberg lettuce sebagai condiment-nya.


Setelah semua proses masakan sudah beres (diberi durasi waktu tidak lebih dari 90 menitan), maka sentuhan akhir adalah mem-plating masakan tersebut agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas tentunya.


Baik Tim 1 maupun Tim 2 berupaya menjadi yang terbaik saat menampilkan hasil plating-annya di hadapan dosen pembimbing. Hasil kreasi masakan kedua tim lalu dievaluasi dan dikritisi oleh Chef Nadya Ratri Aryani, baik dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur maupun cita rasanya sesuai standar yang biasa diterapkan di hotel-hotel berbintang. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations ….


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar