twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 10 Mei 2022

Pengenalan Dasar Masak di Kitchen Culinary Graha Tristar Bersama Chef Ardi Santoso


Mahasiswa Baru Culinary Art Class Diajarkan Teknik Cutting Potato dan Masak Empat Kreasi Stock

 

PADA tatap muka hari pertama, Senin (11/04/2022) lalu, Dosen Pengajar Dasar Masak (Basic Cookery Knowledge), Chef Ardi Santoso, mengajarkan teknik Cutting Potato dan masak empat kreasi Stock (kaldu) di hadapan 15 mahasiswa baru Culinary Art Kelas A-1 Pagi, di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Untuk memudahkan pekerjaan saat praktik masak di kitchen, Chef Ardi Santoso membagi 15 mahasiswa Culinary Art Class itu dalam empat kelompok kerja. Masing-masing kelompok beranggotakan 3-4 orang.


Selama belajar Basic Cookery Knowledge hari pertama pagi itu, Chef Ardi menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak terutama teknik Vegetable Cutting (Cutting Potato) dan membuat empat kreasi Stock (kaldu), yakni Brown Stock, Chicken Stock, Court Buillon dan Beef Stock.


Mahasiswa baru Culinary Art Class tersebut juga dikenalkan dengan teknik merebus, menggoreng dan mengatur api kompor (stove) di kitchen agar masakan tersebut betul-betul matang sempurna. Mahasiswa pun diminta untuk mulai membiasakan diri dengan nge-taste setiap kali masak agar bisa tahu apakah masakan itu masih kurang asin dan jangan sampai keasinan.


”Tidak hanya itu, mahasiswa juga saya kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang Chef Ardi kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.


Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus), maka untuk membuat Brown Stock membutuhkan bahan-bahan seperti beef bones, water, onion, carrot, celery, tomato paste, bayleaf, thyme, pepper corn, parsley stem dan clove. Sedangkan untuk masak Chicken Stock, maka bahan yang harus disiapkan adalah chicken bones, water, onion, carrot, celery, bayleaf, thyme, pepper corn, parsley stem dan clove.


Sementara itu untuk membuat Court Buillon, maka bahan yang diperlukan antara lain onion, celery, leek, carrot, button mushroom, white wine, water, bayleaf, pepper corn, parsley stem dan clove. ”Terakhir mahasiswa baru saya ajarkan teknik membuat Beef Stock. Bahannya terdiri dari beef bones, water, onion, carrot, celery, bayleaf, thyme, pepper corn, parsley stem dan clove,” ujar Chef Ardi Santoso di hadapan anak didiknya.


Keseruan aksi mahasiswa baru di Kitchen Culinary terlihat saat prepare bahan masakan untuk membuat empat kreasi Stock (kaldu) sesuai job desk masing-masing kelompok. Sedangkan praktik Vegetable Cutting (Cutting Potato), mahasiswa diajarkan secara individual agar nantinya mereka terbiasa bekerja secara mandiri di kitchen.


Pada pertemuan hari berikutnya, Selasa (12/04/2022), mahasiswa dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat Schrambled Egg, Omelette & Cutting Potato serta membuat Bechamel, Velouté, Tomato Concasse, Espagnole, Tomato Sauce dan Barbeque Sauce.


Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Rabu (13/04/2022), Chef Ardi mengenalkan metode memasak tentang bagaimana cara membuat Mashed Potato, Cutting Chicken serta membuat Hollandaise Sauce, Demiglaze, Supreme dan Allemande.


Sementara itu pada pertemuan hari keempat, Kamis (14/04/2022), mahasiswa giliran diajarkan teknik Bonning Chicken Continue, membuat Italian Sauce, Black Pepper Sauce, Lyonnaise Sauce, Cream Mushroom dan masak Whilliam Potato.


Pada tata muka hari terakhir, Senin (18/04/2022), mahasiswa belajar cara membersihkan dan memotong onion, lettuce, sweet corn, kernel, crouton, melon, jicama (chestnut) dan cucumber jap, serta diajarkan cara memotong dan membersihkan ikan gurami segar. Selain itu mahasiswa juga masih dibekali pengetahuan seputar teknik membuat Mayonnaise, Tar-tar, 1000’s Island dan Fruit Salad in Condensed Milk Dressing.


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar