twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 24 Mei 2022

Asyiknya Belajar Buat Kreasi Pie & Tartlet di Graha Tristar Bersama Chef Dwi Mei


Gurihnya Onion Cheese Flan, Salami Vegetable Pie, BBQ Chicken Quiche dan Beef Mushroom Pie, Persembahan Mahasiswa Pastry Art Class


SELAMA dua kali pertemuan di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi diajarkan Chef Dwi Mei Retnowati cara membuat delapan kreasi Pie & Tartlet kekinian yang cantik, menarik dan berkelas tampilannya sesuai standar industri perhotelan.


Pada pertemuan hari pertama, Senin (09/05/2022) pagi, 14 orang mahasiswa Pastry Art Class praktik membuat empat kreasi Pie & Tartlet, yakni Cocktail Tartlet, Egg Tartlet, Apple Peach Pie dan Chocolate Cream Pie.


Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Selasa (10/05/2022) pagi, Chef Mei kembali berbagi ilmu teknik membuat empat kreasi Pie & Tartlet yang berbeda yakni Onion Cheese Flan, BBQ Chicken Quiche, Salami Vegetable Pie dan Beef Mushroom Pie.


Pie & tartlet yang saya ajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class ini selain berasa manis (sweet taste), juga ada yang rasanya asin/gurih (savoury taste). Resep delapan kreasi pie & tartlet ini semuanya mengacu pada standar industri perhotelan,” kata Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Rabu (11/05/2022) pagi.


Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 14 mahasiswa itu dibagi menjadi tujuh kelompok yang masing-masing beranggotakan dua orang. Mereka diminta membuat kreasi Pie & Tartlet sesuai arahan dari Chef Mei, sapaan karibnya. Namun saat mem-plating dan meng-garnish-nya, dilserahkan kepada masing-masing mahasiswa secara individual.


Praktik membuat empat kreasi Pie & Tartlet pada hari kedua, Selasa (10/05/2022) pagi itu diapresiasi mahasiswa Pastry Art Class, yang tampil antusias mengikuti proses pembuatannya sejak prepare bahan, proses membuat pie dough atau sugar dough, lalu menyiapkan filling-nya.


Saat membuat Onion Cheese Flan, misalnya, ada dua tahapan pekerjaan yang harus ditempuh. Pekerjaan pertama membuat Pie Dough (Sugar Dough). Bahannya terdiri dari bread flour (cakra kembar), butter dan egg. Sedangkan pekerjaan kedua menyiapkan bahan untuk membuat filling-nya berupa onion, butter (yang melted), cheddar cheese (di-grated lebih dulu), milk, egg, salt & pepper.


Adonan Pie Dough yang sudah dimasukkan pie form (tartlet form) itu kemudian di-oven pada suhu 180*C selama 30-35 menitan hingga matang sempurna. Selanjutnya pie yang sudah di-garnish sedemikian rupa agar tampilannya semakin keren saat Onion Cheese Flan itu ditata dan disajikan di atas meja display produk.


Kelompok mahasiswa berikutnya, kebagian tugas membuat BBQ Chicken Quiche yang juga berasa asin/gurih (savoury). Demi mempercepat pekerjaan di kitchen, mereka berbagi tugas membuat Pie Dough dan menyiapkan filling-nya berikut bahan untuk garnish-nya.


Untuk membuat Pie Dough, bahan yang disiapkan antara lain bread flour (cakra kembar), butter dan egg. Adonan Pie Dough itu lalu dicetak pada pie form (tartlet form), sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 30-35 menitan.


Selain menyiapkan Pie Dough, mahasiswa juga membuat filling-nya berupa chicken fillet (di-chop), smoked beef (di-dice lebih dulu), onion, BBQ sauce, butter (yang melted), fresh milk, egg, salt & pepper dan celery (di-chop lebih dulu).


Selain praktik membuat Onion Cheese Flan dan BBQ Chicken Quiche, mahasiswa Pastry Art Class yang dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati juga ditugasi membuat Salami Vegetable Pie dan Beef Mushroom Pie yang lezat.


Semua hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class itu di-garnish lebih dulu agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas, sebelum dikritisi dan dievaluasi oleh dosen pembimbing. Amazing! Good jobs Bro & Sis …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar