twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 16 Mei 2022

Memotret Keseruan Mahasiswa Belajar Masak Western Food di Kitchen Graha Tristar


Mahasiswa Baru Culinary Art Akpar Majapahit Praktik Masak Beef & Potato Soup, Potato Cakes dan South of the Border Baked Chicken

 

SETELAH mengikuti gelaran Basic Cookery Knowledge selama sepekan, sekarang giliran mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi diajarkan Chef Ardi Santoso teknik masak aneka kreasi masakan Western Food (American Cuisines) yang lezat sesuai standar industri perhotelan.

 

Pada pertemuan hari pertama belajar masak Western Food, Rabu (20/04/2022) pagi, 15 orang mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, tampil all out ketika praktik masak Beef & Potato Soup, Potato Cake dan South of the Border Baked Chicken, di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Menurut Chef Ardi, pengolahan makanan ala Western (American Cuisines) dan sekitarnya itu menekankan pada bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya.

 

Selain diajarkan membuat Beef & Potato Soup, Potato Cake dan South of the Border Baked Chicken yang daging ayamnya masak sempurna (di-bake pada suhu 200*C selama 40 menitan) sehingga masakan itu bercita rasa tinggi, mahasiswa Culinary Art Class juga dibekali beberapa menu spesial Western Food, sesuai panduan dalam Buku Ajar (Silabus).

 

Dalam kesempatan itu Chef Ardi menjelaskan pengertian tentang daging dan komposisinya kepada anak didiknya sebelum praktik masak tiga menu Western Food tersebut di Kitchen Culinary Graha Tristar.

 

Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Senin (25/04/2022) pagi, Chef Ardi kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara memilih, memasak dan meng-handling daging, sebelum praktik masak Mussel Soup, Beef Stew dan Fruity Sweet Potatoes.

 

Keesokan harinya, Selasa (26/04/2022) pagi, mahasiswa baru Culinary Art Class diajarkan teknik masak membuat Hamburger with Condiment, Coleslaw and Country Potato yang lezat dengan cita rasa bumbunya khas menu-menu Western Food.

 

Sedangkan pada pertemuan hari keempat, Rabu (27/04/2022), sebelum libur Hari Raya Idul Fitri 2022, Chef Ardi kembali sharing ilmu dengan anak didiknya teknik masak tiga menu masakan Western Food yang lain seperti Beef Stew, Sautee Vegetable (Veggie) dan William Potato.

 

Sementara itu jadwal praktik masak Western Food (American Cuisines) pada hari kelima, Senin (09/05/2022), pasca berakhirnya liburan Idul Fitri, mahasiswa Culinary Art Class kembali masuk kuliah demi mengikuti gelaran cooking demo bersama Chef Ardi Santoso.

 

Pada tatap muka hari berikutnya, Selasa (10/05/2022), pekan depan, Chef Ardi Santoso mengajarkan anak didiknya teknik masak Chicken Creamy Soup dan American Pizza berikut cara masak Cooked Topping-nya dan buat Tomato Sauce yang lezat.

 

Sedangkan pada Rabu (11/05/2022), mahasiswa Culinary Art Class berjibaku di kitchen demi masak Garoupa with BBQ Sauce, Ensalada de Nacho Buena dan Butter Milk Pancakes with Honey ala restoran terkenal.

 

”Selain itu, mahasiswa juga saya kenalkan berbagai macam makanan yang berasal dari Amerika dan sekitarnya seperti American Pizza, Beef Potato Soup, Beef Stew, Hamburger (American Burger) dan yang lain seperti yang ada di Buku Ajar (Silabus),” tandas Chef Ardi kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar