twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 21 April 2022

Dari Kehebohan Final Exam Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Siang Sajikan Satu Set Menu Lunch Buffet, Delapan Kreasi Masakan Continental dan Asian Cuisines yang Lezat

 

SEBANYAK 13 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Siang yang sehari-hari diasuh oleh Chef Ari Purwantoro, tampil penuh percaya diri pada gelaran final exam yang dihelat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (30/03/2022) dan Kamis (31/03/2022) siang.

 

Dari 12 mahasiswa Culinary Art Class tersebut, sebanyak tujuh orang meramaikan ujian praktik secara individual, sedangkan empat mahasiswa lainnya mendapat tantangan masak satu set menu makanan khas Indonesia (mulai appetizer, main course sampai dessert), untuk jamuan makan siang ala prasmanan (lunch buffet) yang lezat rasanya serta keren dan berkelas tampilannya.

 

Pada ujian praktik hari pertama, Rabu (30/03/2022) siang, diikuti tujuh Mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Siang. Empat orang mahasiswa yang terdiri dari Richard Dharma (leader), Dea Christiani, Margaretha Tesalonika Paat dan Vaneza Laurence Supit, siang itu harus berjibaku di hot kitchen, demi menampilkan satu set menu masakan khas Indonesia untuk lunch buffet.

 

”Satu set menu lunch buffet itu adalah Gado-Gado lengkap dengan Sauce-nya (Appetizer), Nasi Kuning, Nila Pepes, Ayam Habong, Udang Goreng Tepung dan Perkedel (Main Course), sedangkan Dessert-nya berupa Slice Fruit,” kata Richard Dharma kepada kru www.sekolahmasak.info, di sela kesibukannya bersama timnya yakni Dea, Margaretha dan Vaneza, men-set up meja untuk men-display hasil kreasi masakannya.

 

Pihaknya sangat termotivasi menampilkan tujuh menu masakan khas Indonesia yang legendaris ini untuk ditampilkan pada acara jamuan makan siang yang ditata ala prasmanan (lunch buffet) seperti layaknya penataan hidangan menu makan siang di sebuah hotel berbintang.


”Demi hasil terbaik selama gelaran final exam kali ini, saya bersama tim mesti berjibaku di hot kitchen selama dua jam, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating dan menata hasil kreasi masakan itu sebelum dinilai tim juri,” tandasnya.

 

Aksi mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Siang saat menyiapkan satu set menu lunch buffet juga tidak kalah hebohnya dengan tiga mahasiswa lainnya yang tampil all out pada ujian masak secara individual tersebut.

 

Tengok saja aksi Fatikhah N.R. di hot kitchen Graha Tristar yang tampil penuh semangat, demi mempersembahkan kreasi masakannya yang diberi nama keren, Honey Garlic Chicken with Veggies & Potato Rosti.

 

Sedangkan dua rekannya, Chelsea Cellia Y. dan Lovelynn Vincensia juga menampilkan dua menu Continental Cuisines, yakni Kottbullar with Sauce Gravy & Mix Vegetables dan Chicken Parmigiana with Garlic Potatoes & Vegetable yang tasty & deliciously.

 

Sementara itu pada final exam hari kedua, Kamis (31/03/2022) siang, giliran enam orang mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Siang, yang menghadiri ujian praktik individual. Mereka adalah Agung Aditya Pratama, Andriy Gabrielo Bastianto, Charles Herianto, Michael Hadinata, Micko Alfiyan dan Muhammad Ilham Santosa.

 

Selama bekerja di hot kitchen, Agung menyiapkan masakan andalannya bertajuk Fish Meuniere & Garlic Potato, Andrij berjibaku demi masak Ginger Chicken Oriental Rice & Cah Broccoli dan Michael antusias membuat Chicken Salte Egg with Tumis Sawi.

 

Sedangkan tiga mahasiswa lainnya, yakni Charles, Micko dan Ilham tampil penuh semangat demi masak Ayam Daun Jeruk dan BuncisBeef Steak with Barbeque Sauce & Mushed Potatoes dan Indian Lowkey (salah satu menu masakan khas dari India).

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri independen, yakni Chef Renny Savitri, Chef Sari Palupi, Chef Endang Sri Rahajoe dan Hedy W. Saleh. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang. Good jobs! Bro & Sis. Very nice

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar