twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 20 April 2022

Dari Keseruan Final Exam Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Lezatnya Masakan Oriental & Middle East untuk Lunch Buffet Persembahan Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi

 

PADA gelaran final exam kali ini, giliran mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Nadya Ratri Aryani, tampil all out demi mempersembahkan satu set menu masakan untuk jamuan makan siang ala prasmanan (lunch buffet) yang superlezat dan keren tampilannya, di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sebanyak 12 orang mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang meramaikan final exam itu dibagi dua tim. Tim 1 yang beranggotakan enam orang, terdiri dari Laurensia Lidwina (leader), Ibnu Rozak, Stefani Rambu, Patricia Chandra, Nicholas Pascal dan Martinus Rigel, mempersembahkan satu set menu masakan Oriental Cuisines yang lezat untuk lunch buffet pada ujian praktik masak hari pertama, Rabu (30/03/2022) pagi.

 

Sedangkan Tim 2 juga dengan personel sebanyak enam orang, yakni Bella Salwa Putri (leader), Kevin Alessandro, Karimah Nabhan, Andy Afifah Salwa, Rizky Irmayanti dan Zakky Astian Setya, tampil antusias di hot kitchen Graha Tristar pada ujian praktik hari kedua, Kamis (31/03/2022) pagi, demi menampilkan satu set menu masakan Middle East Food untuk jamuan makan siang (lunch buffet).

 

Oleh karena itu pada final exam hari pertama, pagi itu, Tim 1 yang dimotori Laurensia Lidwina dan lima anggota timnya tampil all out demi masak satu set menu masakan Oriental Cuisines mulai Dim Sum Kumis Naga (Appetizer), Hot & Sour Soup (Soup), Nasi Goreng Hongkong, Broccoli & Chicken, Crispy Honey Chicken, dan Mun Tahu (Main Course).

 

”Untuk pekerjaan finishing-nya yakni mem-plating hasil masakan tersebut agar tampil cantik, menarik dan berkelas ala hotel berbintang, saya percayakan kepada Patricia Chandra dan Stefani Rambu,” kata Wina sapaan karib Laurensia Lidwina,

 

Sedangkan pada pelaksanaan final exam hari kedua, Kamis (31/03/2022) pagi, giliran Tim 2 yang dipimpin Bella Salwa Putri bersama lima personel lainnya tampil penuh semangat demi masak satu set menu Middle East Food yang menjadi unggulannya untuk acara jamuan makan siang (lunch buffet).

 

Segenap personel Tim 2 pagi itu harus berjibaku di hot kitchen, demi masak Arabic Salad (Appetizer), Kaware (Kikil Kambing Soup) dan Marak (Iga Sapi Soup). Untuk Main Course-nya sendiri meliputi Mandhi (nasi ayam Mandhi), Ruz Dujjad, Tamis, Jala (roti Jala), Beef Kufta (daging cincang berempah yang di-grilled). Sedangkan Kurma dan Syahi Adeni (milky rempah) dihidangkan sebagai Dessert-nya.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Endang Sri Rahajoe, Chef Lusiana, Chef Ari Purwantoro dan Dewi Mariyanah. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Nadya mengatakan, ujian praktik masak kali ini masing-masing tim bebas memilih kreasi masakan satu set menu untuk lunch buffet, asal sesuai tema yakni Indonesian Food, Asian Cuisines, Oriental Cuisines atau Continental Cuisines.

 

”Sedangkan durasi masaknya sendiri dipatok dua jam sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut di atas meja display produk sebelum dinilai tim juri,” ujarnya, baru-baru ini.

 

Ujian praktik masak yang mengangkat tema Indonesian Food, Asian Cuisines, Oriental Cuisines dan Continental Cuisines tersebut untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka diajarkan teknik masak aneka menu masakan tersebut.

 

Satu set menu masakan Oriental Cuisines maupun Middle East Food persembahan mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang superlezat dan keren tampilannya ini, cocok banget jika disajikan sebagai menu berbuka puasa ala restoran ternama di sebuah hotel berbintang. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible taste

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar