twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 10 April 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Masak Satu Set Menu di Kitchen Plaza Segi Delapan Surabaya Barat


Fine Dining ala Japanese Styles di Arkana International Restaurant Persembahan Mahasiswa Tristar Cruise 

 

MAHASISWA Tristar Cruise B Class yang berkampus di Kampus D Plaza Segi Delapan Sukomanunggal, Surabaya Barat, kembali menggelar acara Fine Dining ala Japanese Styles yang dikemas layaknya jamuan makan resmi di hotel berbintang atau kapal pesiar mewah. Mahasiswa Cruise B Class tersebut sehari-hari dibimbing Chef Lusiana, Dosen Pengajar Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group).

 

Gelaran Fine Dining ala Japanese Styles di Arkana International Restaurant dengan tagline andalannya: The Japanese Food Experience tersebut, di-set up sedemikian rupa sehingga penataannya terkesan mewah dan berkelas, dengan berhias pernak pernik khas restoran yang menyajikan satu set menu lengkap masakan Japanese Food yang tasty dan deliciously.


Penataan meja makan untuk perhelatan fine dining itu dipercayakan kepada Kristianus Harley Santosa sebagai leader di bagian Food & Beverage Service (FBS) bersama tiga orang waiters/waitrees dengan busana khas Negeri Sakura di Arkana International Restaurant. Sedangkan kru kitchen-nya sendiri sebanyak delapan orang, yang dimotori Chef De Party (CDP), Fitri Wijayanti.


Fitri, sapaan akrab mahasiswi Tristar Cruise B Class bersama anggota timnya harus berjibaku di hot kitchen Arkana International Restaurant demi masak Nasu Dengaku (Appetizer), Soba Soup (Soup), Gyukatsu with Japanese Curry (Main Course) dan Japanese Cheese Cake (Dessert).


Nasu Dengaku merupakan salah satu menu masakan klasik dari Jepang yang disajikan sebagai menu pembuka (Appetizer). Teksturnya soft yang berasal dari daging buah terong Cibamy yang di-baked, sehingga berasa manis dan gurih yang disajikan lengkap bersama bumbu khas berupa miso sauce.


Sedangkan Soba Soup merupakan salah satu jenis sup yang disajikan dalam wadah bowl dari keramik dan topping-an narutomaki. Isi dari Soba Soup-nya sendiri berupa irisan scallops lengkap dengan soba noddle soup dan kuah sedap yang menjadi ciri khasnya.


Sementara itu menu Main Course-nya adalah Gyukatsu with Japanese Curry. Menu utama andalan Arkana International Restaurant ini berupa daging sapi jenis sirloin dan di-coated dengan taburan breadcrumbs, lalu di-deep fried bersama ramuan bumbu tradisional yang lezat. Untuk penyajiannya sendiri, daging sapi itu diguyur kuah curry yang kental dengan aroma khas yang menggoda selera makan.


Untuk menu penutupnya sendiri dipilih salah satu cake legendaris di Negeri Matahari Terbit (Jepang), yakni Japanese Cheese Cake yang lembut teksturnya dengan cita rasa yang berkelas dan disajikan dengan tampilan cantik nan elegan.


Selama prepare untuk gelaran fine dining tersebut, mahasiswa Tristar Cruise B Class itu disupervisi langsung oleh Chef Lusiana, bersama asistennya, Chef Joko Aryo Handoko, agar segala sesuatunya bisa berjalan lancar sesuai ekspektasi.


”Pasalnya, kami tidak ingin mengecewakan tamu VIP yang sudah konfirmasi untuk datang demi menghadiri acara jamuan makan malam tersebut,” cetus Chef Lusi, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Jumat (29/03/2022) malam.


Sukses gelaran acara fine dining di Kampus D Plaza Segi Delapan Sukomanunggal, Surabaya Barat tidak lepas dari sentuhan tangan dingin Chef Lusiana bersama asistennya yang cukup telaten dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada anak didiknya.


Fitri Wijayanti bersama rekannya yang lain sudah dibekali oleh instruktur yang berpengalaman bagaimana kerasnya bekerja di hot kitchen sebuah hotel berbintang atau kapal pesiar yang rata-rata berada di bawah tekanan, Oleh karena itu, mau tidak mau, suka tak suka pekerjaan tersebut mesti dijalani dengan sepenuh hati.


”Sebelum mengikuti tantangan masak di hotel berbintang, kami sudah di-training secara intensif oleh instruktur bagaimana ketatnya bekerja di hot kitchen –hotel maupun kapal pesiar—demi menyiapkan satu setu menu lengkap untuk jamuan makan resmi,” ujar Fitri Wijayanti, mahasiswi Tristar Cruise B Class.


Di Kampus D Plaza Segi Delapan Surabaya Barat (West Campus), dia bersama 11 mahasiswa lainnya digempleng di kitchen Tristar Cruise International Training Centre oleh Chef Lusiana bersama asistennya Chef Joko Aryo Handoko, untuk masak aneka menu Asian Cuisines, Western Food (Continental Cuisines) hingga American Cuisines ala hotel berbintang.Good jobs! Bro & Sis. Congratulations


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group) di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar