twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 07 April 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Masak Satu Set Menu di Kitchen Plaza Segi Delapan Surabaya Barat


Mahasiswa Tristar Cruise Class Gelar Fine Dining ala Texas City di Arkana Dining Café & Resto 66 Route Street

 

BERTEPATAN dengan hari Selasa (22/03/2022) lalu, giliran 12 mahasiswa Tristar Cruise B Class yang berkampus di Kampus D Plaza Segi Delapan Sukomanunggal, Surabaya Barat, menggelar acara Fine Dining ala Texas City di Negeri Paman Sam (Amerika Serikat) yang membikin heboh sepanjang kawasan 66 Route Street Texas. Mahasiswa Cruise B Class tersebut sehari-hari dibimbing Chef Lusiana, Dosen Pengajar Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group).


 

Gelaran Fine Dining ala Cowboy di Arkana Dining Café & Resto Kampus D tersebut di-set up sedemikian rupa sehingga penataannya terkesan berkelas dan elegan, dengan berhias pernak pernik khas restoran di Texas City lengkap dengan atribut Cowboy yang keren dan menyajikan satu set menu masakan American Cuisines yang superenak.


Penataan meja makan untuk perhelatan fine dining itu dipercayakan kepada Kristianus Harley Santosa sebagai leader di bagian Food & Beverage Service (FBS) bersama tiga orang waiters/waitrees di Arkana Dining Cafe & Resto. Sedangkan kru kitchen-nya sendiri sebanyak delapan orang, yang dimotori Chef De Party (CDP), Rayyan Haqqi.

 

Rayyan, sapaan karib mahasiswa Tristar Cruise B Class bersama anggota timnya harus bekerja keras di hot kitchen Arkana Dining Café & Resto demi masak Cobb Salad (Appetizer), Mushroom Soup (Soup), BBD Beef Brisked (Main Course) dan Banana Split (Dessert).


Menurut Rayyan Haqqi, ide mengangkat masakan American Cuisines dalam gelaran fine dining kali ini terinspirasi dari aktivitas publik di Texas Ciry AS berlangsung 24 jam setiap harinya. Realitas ini juga ditopang oleh denyut kehidupan malam yang glamour bahkan terkesan hingar bingar. Tak pelak jika bisnis bar, café & resto hingga perhotelan di sana juga berkembang pesat untuk kongkow dan selalu laris manis didatangi tamu.


Menariknya selama prepare untuk gelaran fine dining tersebut, mahasiswa Tristar Cruise B Class itu disupervisi langsung oleh Chef Lusiana bersama asistennya, Chef Joko Aryo Handoko, berupaya tampil heboh meskipun berkerja di kitchen itu tidaklah ringan. ”Selama berjibaku di kitchen, anak-anak diminta tampil all out. Prinsipnya kami tidak ingin mengecewakan tamu VIP yang sudah konfirmasi untuk datang demi menghadiri acara jamuan makan malam tersebut,” cetus Chef Lusi, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, baru-baru ini.


Sukses gelaran acara fine dining di Kampus D Plaza Segi Delapan Sukomanunggal, Surabaya Barat tidak lepas dari sentuhan tangan dingin Chef Lusiana bersama asistennya yang cukup telaten dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada anak didiknya.


Rayyan bersama rekannya yang lain sudah dibekali oleh instruktur yang berpengalaman bagaimana kerasnya bekerja di hot kitchen sebuah hotel berbintang atau kapal pesiar yang rata-rata berada di bawah tekanan, Oleh karena itu, mau tidak mau, suka tak suka pekerjaan tersebut mesti dijalani dengan sepenuh hati.


”Sebelum mengikuti tantangan masak di hotel berbintang, kami sudah di-training secara intensif oleh instruktur bagaimana ketatnya bekerja di hot kitchen –hotel maupun kapal pesiar—demi menyiapkan satu setu menu lengkap untuk jamuan makan resmi,” ujar Rayyan, mahasiswa Tristar Cruise B Class.


Di Kampus D Plaza Segi Delapan Surabaya Barat (West Campus), pihaknya bersama 11 mahasiswa lainnya digempleng di kitchen Tristar Cruise International Training Centre oleh Chef Lusiana, Chef Ardi Santoso bersama asistennya Chef Joko Aryo Handoko, untuk masak aneka menu Asian Cuisines, Western Food (Continental Cuisines) hingga American Cuisines ala hotel berbintang.


Selama tiga bulan mengikujti program Tristar Cruise International Training Centre (TCTC) di Kampus D, mahasiswa Tristar Cruise Class wajib mengikuti praktik fine dining di Kampus sebanyak empat kali, sedangkan praktik fine dining di hotel berbintang dihelat sekali. Good job Bro & Sis. Very Nice …!


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group) di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar