twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 19 April 2022

Dari Kehebohan Final Exam Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi Tampilkan Masakan Khas Indonesia & Continental untuk Lunch Buffet

 

SEBANYAK 13 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Ari Purwantoro, meramaikan gelaran final exam demi menampilkan satu set menu masakan untuk jamuan makan siang ala prasmanan (lunch buffet) yang keren dan berkelas, di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi itu dibagi dua tim. Tim 1 yang beranggotakan tujuh orang, terdiri dari Juanito Dio Rafael (leader), Irfan Mufid, Cindy Rizky Aulia, Yohanes Sadewa Putra Nugraha, Abraham Stefan Wicaksono, Aisyah Aulia Hanum dan Kenneth Jeconiah Chinlandra, menampilkan satu set menu masakan khas Indonesia untuk lunch buffet pada ujian praktik masak hari pertama, Rabu (30/03/2022) pagi.

 

Sedangkan Tim 2 dengan personel sebanyak enam orang, yakni Nicolaus Caesario Nugraha (leader), Habib Taufiqurrahman, Zilfa Nadia Abdillah, Reynaldy Dwi Pangga Krisna, Ayustin Agitha Prastika dan Ramadhani Arung Samudera Perdana, antusias berjibaku di hot kitchen Graha Tristar pada ujian praktik hari kedua, Kamis (31/03/2022) pagi, demi mempersembahkan satu set menu masakan Continental Cuisines untuk jamuan makan siang (lunch buffet).

 

Menurut Chef Ari Purwantoro, ujian praktik masak kali ini masing-masing tim bebas memilih kreasi masakan satu set menu untuk lunch buffet, asal sesuai tema yakni Indonesian Food, Asian Cuisines atau Continental Cuisines. Satu set menu masakan itu pada prinsipnya harus ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya.

 

”Sedangkan durasi masaknya sendiri dipatok dua jam sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut di atas meja display produk sebelum dinilai tim juri,” ujarnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.

 

Oleh karena itu pada final exam hari pertama, pagi itu, Tim 1 yang dipimpin Juanito Dio Rafael dan enam anggota timnya tampil all out demi masak satu set menu masakan Indonesian Food mulai Kroket (Appetizer), Tomato Soup (Soup), Mie Goreng Jawa, Ayam Woku, Cah Daging Sapi with Pok Choy, Sate Kambing, Cumi Udang Lada Hitam dan Pepes Ikan (Main Course), sedangkan Dessert-nya berupa Jajan Pasar (ada tujuh macam) dan Es Sorbet Kweni.

 

”Untuk pekerjaan finishing-nya yakni mem-plating hasil masakan tersebut agar tampil cantik, menarik dan berkelas ala hotel berbintang, saya percayakan kepada Cindy Rizky Aulia dan Aisyah Aulia Hanum,” kata Juanito, kepada kru www.sekolahmasak.info di sela-sela menata hasil kreasi masakannya sebelum dinilai oleh tim juri.

 

Sedangkan pada pelaksanaan final exam hari kedua, Kamis (31/03/2022) pagi, giliran Tim 2 yang dimotori Nicolaus Caesario Nugraha bersama lima personel timnya tampil percaya diri demi masak satu set menu Continental Cuisines yang menjadi andalannya untuk acara jamuan makan siang (lunch buffet).

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang Dosen Pengajar Akpar Majapahit, yakni Chef Renny Savitri, Chef Nadya Ratri Aryani dan Hedy W. Saleh. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Ujian praktik masak yang mengangkat tema Indonesian Food, Asian Cuisines dan Continental Cuisines tersebut untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka diajarkan teknik masak aneka menu masakan Asian Cuisines, Continental Cuisines maupun masakan khas Nusantara (Indonesian Food) yang cita rasa dan teksturnya punya keunikan tersendiri. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar