twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 15 April 2022

Dari Keseruan Final Exam Mahasiswa Pastry Art di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Sukses Tampilkan Empat Kreasi Bread dan Lima Kreasi Hybrid Cakes yang Keren dan Berkelas

 

SEBANYAK sembilan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Dwi Mei Retnowati, sukses mempersembahkan empat kreasi bread dan lima kreasi hybrid cakes dengan tampilan kekinian yang keren dan berkelas pada gelaran final exam secara individual yang mengangkat tema Bread Creation & Hybrid Cakes 2022.

 

Gelaran final exam itu sendiri dihelat selama dua hari, Rabu (30/03/2022) dan Kamis (31/03/2022) di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, dengan menghadirkan tiga orang juri independen dari Tristar Group.

 

Ujian praktik hari pertama, Rabu (30/03/2022) pagi di Kitchen Patisserie Graha Tristar, diikuti empat mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi. Mereka adalah Resky Auwlya Soey R., Ruth H.E. Sinaga, Jonathan Tjandra Y., dan Christy Angelisa.

 

Resky tampil percaya diri demi mempersembahkan Galette de Rois, Ruth berjibaku membuat Palu Butung Mochi with Chewy Milk Bites, Jonathan antusias menampilkan Honeycome Bread dan Christy sibuk menyiapkan kreasi terbaiknya bertajuk Shrimp Chicken Bread Cup yang keren.

 

Sedangkan ujian praktik hari kedua, Kamis (31/03/2022) pagi, pesertanya lima orang mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi. Mereka adalah Anastasya Sugianto Putri, Eza Ramadhan A., Veronica Maria Anggita Kusumasari, Felisiana Elizabeth dan Stenley Erico.

 

Anastasya tampil all out demi membuat Durian Choco Dome, Eza sibuk di kitchen untuk mempersembahkan Beef Bread in Cup, Veronica antusias menampilkan Soes Lemper Roll, sedangkan Felisiana tampil percaya diri membuat Swan Choux on a Brown Cake dan Stenley sendiri berjibaku membuat Wallroll Bread.

 

Selama ujian praktik membuat aneka kreasi Bread & Hybrid Cakes yang berlangsung di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, setiap peserta ujian tampil all out demi mempersembahkan kreasi terbaiknya di hadapan tim juri yang terdiri dari Chef Lusiana, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Endang Sri Rahajoe.

 

Menurut Chef Dwi Mei Retnowati, durasi ujian praktik secara individual itu dipatok 2,5-3 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi Bread & Hybrid Cakes dengan tampilan kekinian tersebut.

 

”Hasil kreasi mahasiswa itu dinilai tiga juri. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” terang Chef Mei, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Final exam yang mengangkat tema Bread Creation & Hybrid Cakes itu bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat aneka kreasi produk pastry hingga diajarkan cara menghias juga agar tampilannya tampak cantik, menarik dan berkelas.

 

Selain menghadiri gelaran final exam secara individual di Kitchen Patisserie Graha Tristar, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi juga mengikuti ujian teori di dalam kelas, di mana materi ujiannya berupa pengetahuan umum seputar teknik pengolahan produk pastry berikut metode-metodenya. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar