twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 12 April 2022

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Ernawati


Mahasiswa D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan Politeknik Surabaya Antusias Buat Tempura dan Bakso Ikan Premium 


MAHASISWA D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya (member of Tristar Group) kembali dibekali Dosen Pengajar Food Technology Application Tristar Group Chef Ernawati M.MPar., teknik membuat Tempura dan Bakso Ikan Premium skala industrial, di Kitchen Modern Kampus D Plaza Segi Delapan, Sukomanunggal, Surabaya Barat, Jumat (29/03/2022) lalu.


Dua materi praktik Food Technology Appilacations tersebut dikerjakan oleh dua kelompok mahasiswa, masing-masing beranggotakan lima orang. Kelompok 1 diajarkan Chef Ernawati teknik membuat Tempura, sedangkan Kelompok 2 praktik membuat Bakso Ikan Premium di Kitchen Modern West Campus.

 

”Materi praktik Food Technology yang kami ajarkan kepada mahasiswa itu resepnya mengacu pada kebutuhan industrial. Dengan demikian anak didik punya bekal untuk membuat sendiri di rumah meskipun baru pada tahap industri skala rumahan (home industry) yang sederhana,” terang Chef Erna kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, belum lama ini.

 

Masih menurut Chef Erna, Tempura ini bukan hal baru di kalangan pelaku usaha (produsen) pengolahan makanan. Di pasaran sudah banyak beredar Tempura dalam berbagi merek dengan kemasan menarik, praktis dan harganya pun relatif terjangkau.

 

Produk olahan makanan ini aslinya berasal dari Jepang yang diadopsi ke Indonesia yang sekarang dikenal luas masyarakat, karena rasanya yang gurih dan lezat dari olahan sari laut (seafood) dan sayur-sayuran.

 

Tempura (Tenpura), adalah makanan khas Jepang berupa makanan laut atau sayur-sayuran yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak yang banyak hingga berwarna kuning muda.

 

Tempura merupakan salah satu produk frozen food yang disuka masyarakat karena praktis cara masak dan penyajiannya. Kelompok frozen food selain Tempura adalah Siomay, Samosa, Meat Ball, Kekian, Bakso Ikan, Chicken Nugget, Fish Nugget dan produk frozen food yang lainnya.

 

Seiring menjamurnya café & resto di daerah pinggiran hingga pusat kota terutama di mall-mall, maka permintaan Tempura pun meningkat secara signifikan. Dan fenomena ini membuka peluang bagi pelaku usaha baru, buka usaha rumahan membuat Tempura, di mana sasaran market-nya adalah rumah tangga dan pebisnis café & resto.



Selain dibekali teknik membuat Tempura untuk skala industrial, mahasiswa D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan Politeknik Surabaya, juga diajarkan oleh Chef Ernawati cara membuat Bakso Ikan Premium.


Selain itu, Chef Ernawati juga menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Bakso Ikan Premium. Produk olahan dari daging ikan yang sudah dibersihkan sisik dan tulangnya lalu di-mixed untuk dihaluskan bersama sejumlah bahan pendukung yang lainnya.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Bakso Ikan Premium adalah fish fillet fresh, fat non solid, phosmix, salt, ice cube, tapioca, sugar, pepper, MSG dan garlic powder. Semua bahan itu diolah dalam mesin food processor sampai halus, kemudian dipindahkan ke bowl, baru dibentuk bulat seukuran bola pingpong dengan cara manual pakai telapak tangan.

 

Bakso Ikan Premium setengah jadi (berwarna putih) tersebut, kemudian diproses lebih lanjut menjadi sajian Bakso dengan Mie Kuah yang lezat. Pasalnya, selama praktik membuat Bakso Ikan Premium, mahasiswa juga diminta memasak mie, membuat kuah bakso, bawang goreng, rajangan daun bawang dan sambal.


”Dua materi ini merupakan kombinasi ciamik demi mengubah main set mahasiswa bahwa menjadi pelaku industri pengolahan makanan.di level hulu pun bisa eksis jika pelaku usaha di level hilir bisa dijadikan partner strategic-nya,” ujar Dosen Pengajar Food Technology Tristar Group ini.


Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya di Gedung Graha Tristar, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar