twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 18 April 2022

Dari Kehebohan Final Exam Mahasiswa Pastry Art di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Khachapuri, Caramel Churros with Diplomat Cream dan Omusubi Cake Dapat Atensi Tim Juri Independen

 

GILIRAN 10 orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Renny Savitri, sukses mempersembahkan dua kreasi bread dan delapan kreasi hybrid cakes dengan tampilan kekinian nan elegan dan berkelas pada gelaran final exam secara individual yang mengangkat tema Bread Creation & Hybrid Cakes 2022.

 

Ujian praktik hari pertama, Rabu (30/03/2022) pagi di Kitchen Patisserie Graha Tristar, diikuti lima mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi. Mereka adalah Antonius Junior Winarso, Kresna Soeria Wiguna, Ellen Nilawati, Amanda Caroline M., dan Syahrul Khuzaini.

 

Antonius tampil percaya diri demi membuat Khachapuri (kreasi bread dari Georgia), Kresna berjibaku di kitchen demi mempersembahkan Pie Nastar, Ellen tampil antusias untuk membuat Pastry Cake, sedangkan Amanda fokus membuat Muffin Bolognese dan Syahrul sibuk menyiapkan kreasi andalannya bertajuk Brownies Lapis Hunkwe.

 

Sementara itu pada ujian praktik hari kedua, Kamis (31/03/2022) pagi, pesertanya juga lima orang mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi. Mereka adalah Wahyu Dewi S., Muhammad Bilal Nugraha, Desi Antika, Nur Tias Pandan Arum dan Ananda Fachrur.

 

Dewi tampil all out demi membuat Strawberry Tart, Bilal antusias kerja di kitchen demi mempersembahkan Omusubi Cake (kreasi cake dari Negeri Sakura Jepang), Desi antusias menampilkan Mushroom Bread, sedangkan Tias sendiri fokus membuat Caramel Churros with Diplomat Cream (cake dari Spanyol dan Portugal) dan Ananda berjibaku di kitchen untuk membuat Dessert Redvelvet Crepes Cake yang keren.

 

Selama ujian praktik membuat aneka kreasi Bread & Hybrid Cakes yang berlangsung di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, setiap peserta ujian tampil antusias dan percaya diri demi menampilkan kreasi terbaiknya di hadapan tim juri yang terdiri dari Chef Sari Palupi, Chef Ari Purwantoro dan Hedy Wahidin Saleh.

 

Dari 10 kreasi Bread dan Hybrid Cakes hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi yang menarik perhatian tim juri adalah Khachapuri, kreasi bread-nya Antonius Junior Winarso, Caramel Churros with Diplomat Cream kreasi dari Nur Tias Pandan Arum dan Omusubi Cake persembahan dari Muhammad Bilal Nugraha.

 

”Pasalnya, tiga mahasiswa itu berani tampil beda dengan menampilkan kreasi produk pastry yang diadopsi dari mancanegara,” kata Hedy Wahidin Saleh kepada kru www.sekolahmasak.info, di sela-sela penjurian di Kitchen Patisserie Graha Tristar.

 

Menurut Chef Renny Savitri, gelaran final exam kali ini dihelat selama dua hari, Rabu (30/03/2022) dan Kamis (31/03/2022) di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Durasi ujian praktik secara individual itu sendiri dipatok 2,5-3 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi Bread & Hybrid Cakes dengan tampilan kekinian tersebut.

 

”Hasil kreasi mahasiswa itu dinilai tiga juri independen. Sedangkan kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang,” terang Chef Renny, di ruang kerjanya.

 

Di samping menghadiri gelaran final exam secara individual di Kitchen Patisserie Graha Tristar, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi juga mengikuti ujian teori di dalam kelas, di mana materi ujiannya berupa pengetahuan umum seputar teknik pengolahan produk pastry berikut metode-metodenya.

 

Final exam yang mengangkat tema Bread Creation & Hybrid Cakes itu bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat aneka kreasi produk pastry hingga diajarkan cara menghias juga agar tampilannya tampak elegan dan berkelas. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar