twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 12 April 2022

Asyiknya Mahasiswa Praktik Hot & Cold Pudding Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Kerennya Klappertart, Cabinet Pudding, Lava Pudding dan Rainbow Pudding Persembahan Mahasiswa Pastry Art 



PADA pertemuan terakhir materi praktik Hot & Cold Pudding Art, Selasa (29/03/2022) lalu, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang diasuh Chef Dwi Mei Retnowati, kembali praktik membuat empat kreasi pudding kekinian yang keren, di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Empat kreasi pudding kekinian tersebut adalah Klappertart, Cabinet Pudding, Lava Pudding dan Rainbow Pudding. Aneka kreasi Hot & Cold Pudding Art yang diajarkan mahasiswa Pastry Art ini menjadi andalan sejumlah hotel berbintang di Surabaya untuk disajikan pada gelaran acara jamuan makan ala fine dining, table manner maupun buffet karena tampilannya yang keren, berkelas dan elegan.

 

Pada gelaran praktik hari terakhir pagi itu, Chef Dwi Mei Retnowati berbagi ilmu dengan sembilan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi untuk membuat empat kreasi Hot & Cold Pudding Art dengan tampilan kekinian.

 

Sembilan mahasiswa itu dibagi menjadi empat tim, setiap tim kebagian membuat satu kreasi pudding. Resep untuk membuat aneka kreasi pudding itu sendiri sudah tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan sebelumnya.

 

”Praktik membuat empat kreasi Hot & Cold Pudding hari ini merupakan materi terakhir yang dilakoni mahasiswa Pastry Art Class. Selanjutnya mereka mengikuti final exam selama dua hari, Rabu (30/04.2022) dan Kamis (31/03/2022),” kata Chef Mei, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Selasa (29/03/2022) pagi.

 

Masih menurut Chef Mei, sapaan akrabnya, untuk membuat Klappertart, misalnya, maka bahan-bahan yang dibutuhkan adalah fresh milk, vanilla paste, salt, sugar, cornstarch, young coconut (degan), beberapa tetes rum pasta dan pinch of specula’s.

 

Selanjutnya membuat topping-nya. Bahan yang diperlukan terdiri atas egg white, icing sugar, raisin (soak in the warm water) dan alumunium cup sebanyak 10 pieces.

 

Sementara itu untuk membuat Lava Pudding, maka mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk masak pudding-nya lebih dulu, yakni agar-agar, fresh milk, fresh cream, dark chocolate compound (DCC), condensed milk, sugar dan beberapa tetes chocolate paste atau strawberry paste.

 

“Sedangkan untuk membuat filling-nya sendiri, maka bahan yang dibutuhkan meliputi fresh milk, sugar, egg yolk, cornstarch dan beberapa tetes vanilla paste,” ujar Chef Dwi Mei Retnowati di hadapan anak didiknya, baru-baru ini.

 

Setelah semua pekerjaan rampung, empat kreasi pudding kekinian itu di-plating dan di-garnish lebih dulu agar tampilannya cantik, menariik dan berkelas, sebelum Hot & Cold Pudding Art itu di-display di meja uji untuk didokumentasikan lebih dulu, baru dievaluasi oleh dosen pembimbing. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar