twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 09 April 2022

Memotret Gelaran Baking Demo with Chef Renny Savitri di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Chef Renny Persembahkan Khaliat Nahl dan Puff Roll Cake nan Cantik Demi Meriahkan Bulan Ramadhan 2022

 

DEMI memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 2022 yang jatuh pada Minggu (03/04/2022), Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Renny Savitri M.Par., menampilkan dua kreasi produk pastry kekinian, yakni Khaliat Nahl dan Puff Roll Cake nan cantik, pada gelaran bertajuk Baking Demo with Chef di Laboratorium Praktik Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Selasa (29/-3/2022) pagi.

 

Gelaran Baking Demo with Chef membuat dua kreasi produk pastry dengan tampilam kekinian itu menggambarkan keseruan suasana menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 2022. Selamat Datang Bulan Penuh Rahmat dan Ampunan. Marhaban yaa Ramadhan 1443 H.

 

Gelaran Baking demo pagi itu dihadiri sekitar 10-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri. Menurut Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Khaliat Nahl ini merupakan salah satu bread kekinian yang populer di kalangan warga keturunan Timur Tengah yang tinggal di Surabaya maupun warga negara di Kawasan Middle East (Timur Tengah).

 

”Selain cocok banget untuk pelengkap menu berbuka puasa, Khaliat Nahl yang berasa gurih (savoury taste) ini ditetesi madu asli lebih dulu sebelum Anda menikmatiinya. Kombinasi rasa gurih –filling-nya berupa cream cheese dan cheddar chease-- dan manisnya madu menghangatkan suasana sarapan pagi lengkap dengan sajian secangkir milk coffee atau teh panas,” terang dosen cantik dengan hijab di kepala tersebut.

 

Selain Khaliat Nahl, kreasi cake yang recommended sebagai pelengkap menu berbuka adalah Puff Roll Cake, dengan tampilan kekinian yang cantik, menarik dan berkelas. Khusus untuk kreasi Khaliat Nahl, resepnya tidak ada di Buku Ajar (Silabus) yang telah dibagikan kepada mahasiswa, melainkan hasil kreasi dari dosen pengajar sediri.

 

Demi membuat Khaliat Nahl yang keren, maka bahan yang dibutuhkan adalah vegie oil, sugar, yeast, milk fresh (yang sudah di-warm lebih dulu), yoghurt, tepung cakra, milk powder.

 

Pekerjaan tahap pertama, semua bahan adonan tersebut di-mix lebih dulu, baru diuleni selama 15 menit sampai kalis. Lalu di-proover selama 60 menitan sampai adonannya mengembang sempurna. Sebelum di-bake di mesin oven pada suhu 180*C selama 30-35 menitan.

 

”Sedangkan pekerjaan berikutnya menyiapkan filling-nya. Bahan yang dibutuhkan hanya cream cheese dan cheddar cheese. Sementara itu untuk topping-nya sendiri berupa madu asli (honey) dan untuk garnish-nya bisa memanfaatkan cheery red, strawberry dan mint leaves,” ujar Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.

 

Materi baking demo selanjutnya adalah membuat Puff Roll Cake kekinian yang resepnya tersaji di Buku Ajar (Silabus) Patisserie Akpar Majapahit Edisi 2022. Untuk membuat Puff Roll Cake, maka bahan yang disiapkan oleh anak didiknya meliputi egg yolk, egg white, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, milk powder dan margarine (yang melted).  

 

Sementara itu untuk membuat filling dan topping-nya, Chef Renny memanfaatkan strawberry jam dan puff pastry instant dan egg yolk. Dengan filling berupa strawberry jam dan topping-nya berupa puff pastry instant dan egg yolk, tampilan Puff Pastry Cake semakin keren dan rasanya pun boleh diadu dengan produk pastry keluaran dari hotel berbintang.

 

Selama gelaran baking demo tersebut, pihaknya juga melibatkan sejumlah mahasiswa Pastry Art Class sejak proses membuat adonan, nge-bake hingga meng-garnish dua kreasi produk pastry tersebut.

 

Dalam kesempatan itu Chef Renny Savitri juga berterima kasih atas dukungan tepung terigu Bogasari dan Filma margarine sehingga gelaran baking demo tersebut berjalan lancar sesuai ekspektasi. Good jobs! Chef. Very, very impressive …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar