twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 19 Maret 2019

Belajar Masak ala Chef Hibachi Bersama Chef Thomas Denny - Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Masak ala Chef Hibachi di Dapur Culinary Kampus J-5

Belajar Masak ala Chef Hibachi Bersama Chef Thomas Denny

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Masak ala Chef Hibachi di Dapur Culinary Kampus J-5

UNTUK kali kedua, Chef Thomas ”Hibachi” Denny dihadirkan oleh pihak Akpar Majapahit. Kehadirannya kali ini, pria kelahiran Banjarmasin Kalimantan Selatan 1970 silam itu diminta untuk berbagi ilmu cara masak ala Chef Hibachi
Teknik masak yang satu ini penekanannya lebih pada cara memainkan show of fire dengan menggunakan mesin Grilling Hibachi. Aksi Chef Thomas itu dilakukan dalam dua sesi di hadapan 21 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang di Dapur Culinary Kampus J-5.
21 mahasiswa Advanced Culinary Class (Kelas Pagi dan Kelas Siang), mulai Senin (09/07/2018) hingga Jumat (13/07/2018), kembali belajar sekaligus diajarkan teknik masak ala Chef Hibachi selama lima kali tatap muka mulai Senin (30/07/2018) hingga Jumat (03/08/2018) lalu.
10 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi yang belajar sekaligus praktik masak dengan teknik ala Chef Hibachi itu adalah Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Florensius Vendy Satriawan, Leonardo Aldi Mahat, Noor Ainun, Rivaldi Jun Artanto, Delfries Haryo Yudhanto, Nicholas Anderson, Setia Yoga Pratama dan Iversen Riky Djunaidi.
Sedangkan 11 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Siang yang belajar seputar sisik melik teknik masak ala Chef Hibachi bersama Chef Thomas Denny adalah Syaifullah Yusuf, Joseph Veda Hidayat, Melvin Septian Budiono, Abdullah Umar Al-Faruq, Muhammad  Lucky Kurniawan P., Eroldo, Kevin Irawan, James Armando Suroso, Septian Ade C.J.P., Muhammad Rizky Brillyan dan Wayan Raditya.
 
”Sebelumnya, Chef Thomas juga pernah kami hadirkan di lobi Graha Tristar untuk mendemontrasikan teknik masak Nasi Goreng Seafood dan Mie Goreng Ayam ala Chef Hibachi di lobi Graha Tristar,” kata Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, MM.Par kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Senin (06/08/2018). 
Aksi ciamik Chef Thomas saat demo masak Nasi Goreng Seafood dan Mie Goreng Ayam, ketika itu, menarik perhatian sejumlah peserta reuni SMP dan SMA IMKA Surabaya. Bahkan diantara tamu undangan itu ada mengabadikan dan merekam kepiawaian Chef Thomas saat demo masak ala Chef Hibachi yang diadopsi dari Negeri Matahari Terbit (Jepang) tersebut.
Pada tatap muka hari pertama, Senin (30/07/2018), Chef Thomas, sapaan akrab Thomas Denny mengenalkan Dasar-dasar teknik masak ala Chef Hibachi kepada mahasiswa. Pasalnya, teknik masak yang satu ini berbeda dengan cara memasak secara klasik (konvensional) karena lebih menekankan pada kepiawaian memainkan show of fire di atas mesin Grilling Hibachi yang dibawa dari rumahnya. 
”Pada pertemuan hari pertama itu, saya mendemonstrasikan teknik masak membuat Hibachi Noodle di hadapan mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi maupun Kelas Siang di Dapur Culinary J-5,” kata Chef Thomas kepada kru www.culinarynews.info.
Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Selasa (31/07/2018), Chef Thomas Denny praktik masak membuat Hibachi Vegetables dan Chicken Teriyaki untuk 10-11 porsi sesuai jumlah mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang.
Selanjutnya pada pertemuan hari ketiga, Rabu (01/08/2018), mahasiswa  Advanced Culinary Class diajarkan masak olahan udang (Shrimp) dan tiram (Sealop) –termasuk dalam kategori Japanese Food-- dengan teknik masak ala Chef Hibachi di Dapur Culinary Kampus J-5.
Sementara itu pada tatap muka hari keempat, Kamis (02/08/2018), mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang kembali praktik masak membuat Hibachi Sirloin Steak dengan teknik masak ala Chef Hibachi.
Sedangkan dalam pertemuan hari terakhir, Jumat (03/08/2018), mahasiswa Advanced Culinary Kelas pagi dan Siang ditantang untuk membuat aneka kreasi masakan dengan teknik masak ala Chef Hibachi di Dapur Culinary Kampus J-5 seperti yang diajarkan sebelumnya.
 
”Ujian praktik itu kami laksanakan dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Durasi ujian praktik masak secara individual itu sekitar 15 menitan per orang,” kata Chef Thomas Denny kepada kru www.culinarynews.info, Senin (06/08/2018),  pekan lalu.
Hasil kreasi masakan mahasiswa tersebut wajib di-plating lebih dulu, sebelum dinilai oleh dosen penguji. Kriteria penilaian kreasi masakan itu tetap mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan. 
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksimili (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar