twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 27 Maret 2019

Praktik Masak ‘Western Food’ Bersama Chef Thomas Denny - Dari Dapur Tristar Institute, Peserta Tristar Cruise Training Persembahkan 10 Kreasi Masakan Western Food

Praktik Masak ‘Western Food’ Bersama Chef Thomas Denny

Dari Dapur Tristar Institute, Peserta Tristar Cruise Training Persembahkan 10 Kreasi Masakan Western Food

PADA pertemuan pekan kelima, tepatnya Senin (13/08/2018) dan Selasa (14/08/2018) serta tatap muka pekan keenam, Senin (20/08/2018) dan Selasa (Selasa (21/08/2018), peserta Tristar Cruise Training Centre (TCTC), praktik 10 resep masakan Western Food oleh Chef Thomas ‘Hibachi’ Denny, Dosen Culinary Tristar Group, di Dapur Culinary Tristar Institute, Jl  Raya Jemursari No. 234 Surabaya.
10 orang peserta pelatihan tersebut adalah Christian Evan Setiabudi, Deotelin Fajar, Mulyani Sari Octavia, DedyTrisno, George Langie, Ahmad Rafles Bagio, Irma Yuliana (pengganti Jessica Pandey), Ely Akyuwen, Anugrah Chrishinduarsa Irianto dan Indinar Prakoso.
Pada pertemuan  pekan kelima, Senin (13/08/2018) pagi, peserta pelatihan cruise langsung praktik masak dua resep masakan salad ala Western Food yakni Waldorf Salad dan German Potato Salad di Dapur Culinary Tristar Institute bersama Chef Thomas ‘Hibachi’ Denny.
Selanjutnya pada hari kedua, Selasa (14/08/2018) pagi, Chef Thomas kembali berbagi ilmu teknik masak Western Food yang diberi titel Macho Nachos with Tuna Canape Served with Red Bean Paste dan Ground Tortilas Guacamole Spread.
”Sementara itu, pada pertemuan pekan keenam, Senin (20/08/2018) pagi, peserta pelatihan cruise kami ajarkan cara masak empat resep masakan Western Food sekaligus yaitu Ratatoulle with Rolled Puff & Cheese, Mix Green with Italian Dressing, Minestrone (Classical) dan French Onion Soup (Classical) atau biasa disebut Soupea  ‘Loignon di Dapur Culinary Tristar Institute,” terang Chef Thomas.
Sedangkan tatap muka pada Selasa (21/08/2018) pagi, Chef Thomas mengajarkan praktik masak dua resep Western Food lagi yakni Macaroni Schotel with Paprika Puree dan Baked Fusilli Marinara with Cheese & Cream di Dapur Culinary Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.
Sebelum praktik masak di Dapur Culinary Tristar Institute, Chef Thomas ‘Hibachi’ Denny  mem-briefing lebih dulu peserta pelatihan cruise untuk menekankan bahan dan bumbunya apa saja dan tahapan teknik memasaknya bagaimana. Tujuannya agar peserta memahami standard operational procedure (SOP) memasak makanan Western Food yang biasa diterapkan di industri perhotelan termasuk di kapal pesiar juga.
Selain mem-briefing anak didiknya dalam bahasa Inggris, Chef Thomas juga menayangkan video –yang diunduh dari CookingwithNonna.com—sebelum peserta Tristar Cruise Training Centre (TCTC)— dipersilakan untuk bekerja di Dapur Culinary Tristar Institute. Tujuan melihat tayangan video itu adar anak didiknya bisa langsung tune in saat mereka bekerja di Dapur Culinary Tristar Institute.
Selain dibekali oleh Chef Thomas seputar Cookery Practice, peserta pelatihan cruise juga diajarkan teknik mem-plating agar tampilan masakan yang dibuat tersebut berkesan mewah dan elegan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan dedaunan dan buah tomat yang dihias sedemikian rupa (dengan pisau khusus yang biasa dipakai untuk praktik fruits & vegetables carving), sehingga penampilannya semakin menarik.
Chef Thomas yang dikenal piawai mendemonstrasikan cara membuat masakan Jepang (Japanese Food) dengan sentuhan hibachi (pertunjukkan api) ini juga berbagi cara membuat sauce dan dressing seperti mayonnaise dan vinaigrette, membuat kreasi salad ala Western Food dan mengajarkan teknik meng-oven Macaroni Schotel with Paprika Puree dan Baked Fusilli Marinara with Cheese & Cream agar hasilnya memuaskan.
Sesuai Buku Ajar (Silabus) yang dibagikan kepada peserta pelatihan cruise, untuk meng-oven Macaroni Schotel with Paprika Puree dan Baked Fusilli Marinara with Cheese & Cream, suhu atas di-setting 180 *C dan suhu bawah pada posisi 100 *C selama 15-20 menit. Hasilnya, Baked Fusilli Marinara with Cheese & Cream, topping kejunya menjadi crispy sedangkan lapisan di bawahnya masak sempurna.
”Begitu juga hasil pengovenan Macaroni Schotel with Paprika Puree juga masak sempurna, tidak overcooking. Aroma dan taste menu makanan ini semakin terasa lezatnya apabila saat Anda membuat olahan masakan tersebut juga ditambahkan dengan white wine,” kata Chef Thomas memberikan tips-nya.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar