twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 18 Maret 2019

Serunya Belajar Memasak Continental Food Bersama Chef Ari - Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Praktik Masak Buat Portuguese Tomato, Greek Lemon Lamb dan Lyonaise Potato

Serunya Belajar Memasak Continental Food Bersama Chef Ari
Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Praktik Masak Buat Portuguese Tomato, Greek Lemon Lamb dan Lyonaise Potato
  
MAHASISWA Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi (C1) Triwulan II yang diasuh oleh chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, sejak Senin (06/08/2018) lalu hingga Kamis (06/09/2018) mendatang, dibekali pengetahuan teknik masak 63–an resep masakan Continental Food dalam 21 kali pertemuan di Dapur Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

”Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Class di Dapur Culinary, kami rata-rata membuat tiga resep Continental Food. Jika pembelajaran masak makanan Continental Food itu dilakoni 21 kali pertemuan, maka mahasiswa diajarkan membuat 63-an resep masakan,” kata chef Ari  kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Senin (06/08/2018) siang.
Praktik masak Continental Food tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada 13 mahasiswa Culinary Kelas Pagi (C1) Triwulan II seputar teknik memasak aneka makanan khas Eropa yang citarasa dan teksturnya benar-benar western banget.
Pelajaran pengolahan makanan Eropa ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya adalah grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan yang berasal dari Benua Biru (Eropa).
Sebelum diajarkan masak aneka resep Continental Food, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit sudah dibekali cara pengolahan aneka makanan Asia (Asian Food) sejak pertengahan Juli 2018 lalu.
Pada pertemuan hari pertama, Senin (06/08/2018), pekan lalu, chef Ari mengajarkan anak didiknya memasak tiga resep Continental Food yakni Portuguese Tomato & Rice Soup Pepper, Greek Lemon Lamb (Daging Kambing) dan Lyonaise Potato di Dapur Culinary 1.
”Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Selasa (07/08/2018) pagi, kami berbagi ilmu cara memasak Baked Potato Soup Pepper, Swiss Spaetzel dan Chicken Normandy yang berkelas,” kata Chef Ari sapaan akrab Dosen Culinary Akpar Majapahit di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.
Sementara itu, pada pertemuan hari terakhir, Kamis (06/09/2018) mendatang, Chef Ari Purwantoro akan menutup praktik masak Continental Food dengan memasak tiga resep pamungkas yakni Gazpaco Soup, Mariland Roasted Chicken dan Liver Pate.
13 mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang hadir pagi itu dibagi dua kelompok. Setiap kelompok anggotanya terdiri dari tiga orang. Kelompok 1 dan 2 yang beranggotakan tiga orang, kebagian tugas membuat Portuguese Tomato & Rice Soup Pepper, Greek Lemon Lamb dan Lyonaise Potato.
Begitu juga dengan Kelompok 3 (anggotanya tiga orang) dan Kelompok 4 yang terdiri dari empat mahasiswa, kebagian tugas memasak menu yang sama yakni Portuguese Tomato & Rice Soup Pepper, Greek Lemon Lamb dan Lyonaise Potato.
Untuk mengetahui siapa yang terbaik masakannya dari aspek tekstur, cita rasa dan penampilan plating-nya maka keempat kelompok itu tampil all out. Hal itu terlihat jelas sejak dari prepare bahan masakan di Store (Toko 9), memasak sesuai arahan dosen pembimbing hingga menyajikan masakan yang sudah di-plating di hadapan dosen pembimbing untuk dikritisi hasil kreasi masakannya.
Masih menurut chef Ari Purwantoro, penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa, tampilan dan kreativitas, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.
”Selain itu, mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit juga kami bekali pengetahuan tentang pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan dapur yang bersih seperti yang diaplikasikan pada industri perhotelan,” pungkasnya.
Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar