twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 19 Maret 2019

Belajar Beverage Product di Grand Darmo Suite Surabaya - Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik ”Bar Manner” di Grand Darmo Suite Surabaya (Naskah ke-1, dari Dua Tulisan)

Belajar Beverage Product di Grand Darmo Suite Surabaya  

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik ”Bar Manner” di Grand Darmo Suite Surabaya (Naskah ke-1, dari Dua Tulisan)
PADA Kamis (09/08/2018), pekan lalu, giliran 12 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Kelas Siang mengikuti kunjungan industri bertajuk Bar Manner demi memperdalam pengetahuan praktis cara meracik minuman di hotel berbintang. Mereka di dampingi Dosen Mata Kuliah Beverage Product Akpar Majapahit, Yoseph Agung Priyo Widodo, untuk belajar Bartending dan Barista di Rama-Rama Longue, Grand Darmo Suite Hotel Jl. Progo 1-3 Surabaya.

Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit bersama Dosen Beverage Product Yoseph Agung dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par., sore itu, disambut oleh Executive Housekeeping Grand Darmo Suite Surabaya Syaiful, Sales Executive, Sinu Ika Putra dan Captain Leader Rama-Rama Longue, Angga Tri Hadiyanto dan asistennya, Dika Febrianto (Bartender), di Rama-Rama Longue Grand Darmo Suite Surabaya.
Sebelum praktik meracik minuman beralkohol (Cocktail), non-alkohol (Mocktail) dan Barista, 12 mahasiswa Akpar Majapahit itu diajak tour hotel lebih dulu oleh tim dari Sales & Marketing Grand Darmo Suite Hotel Surabaya.
Mereka dikenalkan fasilitas kamar hotel mulai Deluxe Room dengan luasan 32 m2 di lantai 3. Secara keseluruhan hotel bintang empat tersebut mengoperasikan 73 kamar termasuk Penthouse yang luasnya 64 m2. Tarifnya mulai Rp 1,2 jutaan hingga Rp 3 jutaan ++ per malam.
Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Meeting Room (Airlangga, Jenggala dan Brawijaya), Rest Room, Angling Darmo Restaurant, Main Kitchen dan Swimming Pool & Gym di lantai 2 Grand Darmo Suite Surabaya.
Usai tour hotel selama 30 menitan, rombongan kembali ke Rama-Rama Longue untuk mengikuti acara inti yakni Basic Beverage Knowledge & Beverage Practice yang dipandu langsung oleh Captain Leader Rama-Rama Longue Angga Tri Hadiyanto.
Dalam kesempatan itu, Captain Leader Rama-Rama Longue Grand Darmo Suite Surabaya Angga me-refresh ingatan mahasiswa tentang Basic Beverage Knowledge yang sudah diajarkan kepada mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit di bangku kuliah, mulai Alcoholic Beverage, Non-Alcoholic Beverage hingga Barista.
Angga juga menyinggung tentang cara pembuatan dan aneka jenis minuman beralkohol (Alcoholic Beverage) yang beredar di pasaran sampai saat ini, mulai Beer, Layer Beer, Stout, Pilsener, Wine, Aromatized Wine hingga macam-macam Spirit.
Usai menjelaskan seputar Basic Beverage Knowledge, Captain Leader Rama-RamaLongue, bersama Dika (Bartender), tampil untuk mempraktikkan cara meracik minuman (Beverage Practice) baik membuat Cocktail maupun Mocktail di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit.
Resep minuman pertama yang diajarkan kepada mahasiswa adalah Illution (Cocktail), selanjutnya meracik minuman dengan judul Minjulet (Cocktail) dan resep minuman yang ketiga adalah Black Russian (Cocktail). Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara meracik dua resep Mocktail (minuman non alkohol), yakni Virgin Strawberry Mojito dan Orange Squash.
Selain diajarkan Dika cara meracik Cocktail dan Mocktail, mahasiswa Akpar Majapahirt itu juga dikenalkan teknik membuat minuman kopi (Barista) dengan sentuhan Latte Art oleh Captain Leader Rama-Rama Longue Grand Darmo Suite Surabaya. 
Usai melihat aksi Angga dan Dika meracik minuman di Rama-Rama Longue, giliran mahasiswa diminta tampil sendiri-sendiri meracik minuman sesuai passion-nya baik Cocktail, Mocktail atau Barista dengan dipandu langsung oleh Captain Leader Rama-Rama Longue Angga Tri Hadiyanto.
Setelah puas belajar meracik minuman di Rama-Rama Longue selama 1,5-2 jam, maka acara pamungkasnya adalah makan bersama yang dikemas ala prasmanan (Dinner Buffet) dengan menu lengkap mulai Appetizer, Soup, Main Course dan diakhiri dengan sajian menu penutup (Dessert) andalan dari hotel bintang empat di kawasan Taman Bungkul yang dikelola Amithya Group tersebut.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar