twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 11 Maret 2019

Belajar Basic Cookery Knowledge Bersama Chef Yenata - Mahasiswa Baru Culinary Class Diajarkan Buat Omelette, Pouched Egg, Schrambled Egg dan Sunny Side-Up

Belajar Basic Cookery Knowledge Bersama Chef Yenata

Mahasiswa Baru Culinary Class Diajarkan Buat Omelette, Pouched Egg, Schrambled Egg dan Sunny Side-Up
PADA  pekan kedua Juli 2018, tepatnya mulai Senin (09/07/2018) hingga Jumat (20/07/2018), 10 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Kelas Siang, dikenalkan pengetahuan dasar memasak oleh Chef Yenata Candra, Dosen Pengantar Dasar Masak (Basics Cookery Knowledge), di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
10 mahasiswa baru Culinary Kelas Siang tersebut adalah E. Natasya Salsabilla Putri, Pradini Kehk, Philbert Tandinata, Kintan Sih Kinanthi, Edsel Delano Gondosaputro, Benny Suryanda, Steffany Brenda, Alya Nabila Moudzie, Helena Nadia dan Christabel Novelina.
Dalam pembelajaran praktik masak di Dapur Culinary 3, Lantai 3, Graha Tristar kali ini (mulai pertengahan 2018), Chef Yenata tidak membagi 10 mahasiswa baru Culinary Kelas Siang itu dalam lima kelompok kerja, melainkan sudah langsung praktik masak per individu. Artinya satu mahasiswa kebagian satu stove (kompor gas) karena di Dapur Culinary 3 sekarang tersedia 13 unit stove lengkap dengan peralatannya.
Dalam kuliah perdana, Senin (09/07/2018) siang, pekan lalu, chef Yenata sapaan akrab Yenata Candra, menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak. Mahasiswa juga dikenalkan dengan teori-teori memasak Prancis klasik termasuk prinsip-prinsip resep dan menu dari Escoffier.
”Tidak hanya itu, mahasiswa juga kami kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang Chef Yenata Candra kepada kru www.culinarynews.info di Dapur Culinary 3, kemarin.
Pada tatap muka hari keempat, Kamis (12/07/2018) siang, misalnya, mahasiswa diajarkan bagaimana membuat schrambled & vegetable cutting yang meliputi brown beef stock, white chicken stock, white fish stock dan white beef stock.
Pada pertemuan hari berikutnya, Jumat (13/07/2018) siang, Chef Yenata bersama asistennya, Chef Azarya Rijadi mengenalkan metode memasak tentang bagaimana cara membuat sunny side-up & vegetable cutting yang terdiri dari b├ęchamel, veloute, espagnole, tomato concasse dan tomato sauce. (aneka sauce).
Sedangkan pada tatap muka hari keenam, Senin (16/07/2018) siang, mahasiswa dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat egg cookery seperti omelette, schrambled egg on toast & vegetable cutting yang meliputi chasseur, demi glace, supreme dan allemande.
Sementara itu pada pertemuan hari ketujuh Selasa (17/07/2018) siang, mahasiswa diajarkan Chef Yenata dan asistennya cara membuat butter sauce yakni hollandaise di Dapur Culinary 3.  Mahasiswa juga dfiajarkan bagaimana cara membuat  vegetable salad (dressing) & filleting fish yang meliputi mayonnaise, tartar, 1000’s island dan vinaigrette, dengan menggunakan bahan-bahan seperti onion, lettuce, avocado, cucumber, cronton dan gurami fish.
Selanjutnya pada tatap muka hari kedelapan, Rabu (18/07/2018) siang, mahasiswa dikenalkan tentang kebersihan dan keselamatan kerja. Untuk memahami ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat pouched egg & fitting chicken yang terdiri dari Italian sauce, piquante, lyonnaise dan diable.
Sementara itu pada hari kesembilan, Kamis (19/07/2018) siang, mahasiswa baru Culinary Class yang diasuh Chef Yenata dan asistennya mengikuti ujian tertulis di kelas. Materi ujian tulis itu sendiri masih terkait dengan materi perkuliahan Basic Cookery Knowledge yang telah diajarkan kepada mahasiswa.
”Sedangkan pada pertemuan terakhir, Jumat (20/07/2018) siang, kami menekankan kembali kepada 10 mahasiswa baru Culinary Kelas Siang, untuk memahami betul Basics Cookery Knowledge yang dilakoni selama 10 hari, maka pada praktik masak selanjutnya mereka sudah terbiasa dengan Standar Operation Procedure (SOP) kerja di dapur,” pungkasnya.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa baru Culinary Class Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar