twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 27 Maret 2019

Diasuh oleh Dosen Pastry & Bakery, Otje H. Wibowo, SE., M.Par - Mahasiswa Baru Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit Belajar ”Basic Cake Decoration” di Dapur Pastry 1

Diasuh oleh Dosen Pastry & Bakery, Otje H. Wibowo, SE., M.Par

 Mahasiswa Baru Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit Belajar ”Basic Cake Decoration” di Dapur Pastry 1 
SEHARI jelang pelaksanaan ujian teori dan praktik Basic Cake Decoration, 13 mahasiswa baru Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi, antusias belajar membuat Dome Cake with Whipped Cream yang dibimbing langsung oleh Chef Otje H. Wibowo, SE., M.Par., Dosen mata kuliah Basic Pastry & Bakery di Dapur Pastry 1, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (23/08/2018).

13 mahasiswa yang terlibat dalam praktik membuat Dome Cake with Whipped Cream di Dapur Pastry 1 (P1) Graha Tristar itu adalah Kevin, Beatriks, Gabriele, Victoria, Tasya, Inggrid, Arzetha, Alvina, Grace, Lulu, Alfandi, Tri dan Merlin.
Mahasiswa Pastry Class ini dibekali pengetahuan tentang Basic Cake Decoration dari chef Otje, sapaan akrab Otje H. Wibowo, Dosen Basic Pastry & Bakery Akpar Majapahit selama lima kali tatap muka sejak Rabu (15/08/2018) hingga Kamis (23/08/2018).
Pada pertemuan sebelumnya, mahasiswa Pastry Class ini sudah dibekali teknik membuat empat kreasi cake yakni Marcha Cake with Butter Cream, Strawberry Butter Cake, Green tea Cake dan Pandan Roll Cake with Whipped Cream.
Sementara itu, sebelum diajarkan sisik melik Basic Cake Decoration, mahasiswa baru Pastry Class ini juga telah dibekali Chef Otje bersama asistennya, Chef Ita bersama Cook Helper Ida, pengetahuan seputar Cake Basic di Dapur Pastry 1 selama lima kali tatap muka.
Pada pembelajaran Cake Basic itu, mahasiswa baru Pastry Class diajarkan membuat lima resep yakni Black Forest Cake with Whipped Cream, Vanilla Macha Pound Cake, Pandan Chiffon Cake, Brownies dan Herlequin Roll Cake.
Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Dome Cake with Whipped Cream secara individual sejak kuliah perdana pertengahan Juli 2018 lalu. Masing-masing berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.
”Selain dituntut paham dengan nama-nama bahan pembuatan roti (sesuai resep), mahasiswa juga mau tak mau, suka tidak suka, harus tahu nama-nama alat dan perlengkapan yang tersedia di dapur pastry termasuk bagaimana mengoperasikan mixer, proven dan oven listrik sejak awal perkuliahan pertengahan Juli 2018 lalu.  Sehingga saat mahasiswa diuji membuat kreasi Basic Cake Decoration  menurut versi mereka sendiri, peserta ujian langsung aksi di meja kerjanya masing-masing,” terang Chef Otje di ruang kerjanya, akhir pekan  lalu.
Di sela mengawasi anak didiknya praktik individual membuat Dome Cake with Whipped Cream, Chef Otje justru ditanya seputar materi ujian teori (model interview layaknya melamar kerja) dan dimintai beberapa tips cerdas mengikuti ujian praktik tematik di Dapur Pastry 1 (P1) Graha Tristar oleh sejumlah mahasiswa.
”Prinsipnya jika Anda sungguh-sungguh mengikuti pelajaran ini sejak awal, saya jamin Anda tidak bakal bingung saat ujian praktik hari ini, Senin (27/08/2018) pagi. Pasalnya, tema ujian itu fokus pada materi Basic Cake Decoration yang sudah saya ajarkan sebelumnya,” kata Chef Otje kepada anak didiknya.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar