twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 22 Juli 2019

Dari Praktik Masak Oriental Food di Dapur Graha Tristar - Mahasiswa Culinary Kelas Pagi Buat “Watercress with Peking Sauce, Stir-Fry Beancurd with Oyster Sauce dan Cantonese Noodle” di Graha Tristar

Dari Praktik Masak Oriental Food di Dapur Graha Tristar

Mahasiswa Culinary Kelas Pagi Buat
“Watercress with Peking Sauce, Stir-Fry Beancurd with Oyster Sauce dan Cantonese Noodle” di Graha Tristar

AGENDA praktik masak Oriental Food masih berlanjut. Pada pertemuan hari ke-18, tepatnya Kamis (06/12/2018) lalu, enam mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Semester III Kelas Pagi dibekali teknik masak membuat tiga resep masakan oleh Chef Ari Purwantoro, yakni Watercress with Peking Sauce, Stir-Fry Beancurd with Oyster Sauce dan Cantonese Noodle. Praktik masak itu dihelat di Kitchen Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Enam mahasiswa Culinary Class yang mengikuti praktik masak Oriental Food (Chinese Food) pagi itu adalah Maya, Mirza, Syntia, Liana, Rada dan Nabilla. Mereka berbagi tugas untuk masak tiga resep masakan itu, termasuk menyelesaikan satu dari tiga resep masakan Oriental Food yang dibuat pada hari ke-17 yakni Braised Duck.
Seperti panduan Buku Ajar (Silabus) Praktik Masak yang dibagikan kepada mahasiswa, pada praktik masak hari ke-17, tepatnya Rabu (05/12/2018) lalu, mahasiswa Culinary Class dibekali pengetahuan masak tiga resep masakan Oriental Food yakni Stir-Fried Vegetables with Toasted Cashewnut, Chow Mein Beef dan Braised Duck di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Sementara itu pada tatap muka hari ke-18, Kamis (06/12/2018) pagi, mahasiswa Culinary Class yang diasuh oleh Chef Ari, diajarkan teknik masak membuat Watercress with Peking Sauce, Stir-Fry Beancurd with Oyster Sauce dan Cantonese Noodle.
Sedangkan pada pertemuan hari ke-19, Jumat (07/12/2018), Chef Ari Purwantoro berbagai ilmu masak dengan anak didiknya cara membuat I Fu Mi with Crab Sauce, Oyster Sauce dan Honey Prawn di Kitchen Lantai 3 Graha Tristar.
”Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Class di Kitchen Graha Tristar, kami rata-rata membuat 2-3 resep masakan Oriental Food. Jika pembelajaran masak makanan Indonesia itu dilakoni 20 kali pertemuan, maka mahasiswa dijarkan membuat sekitar 60-an resep masakan Oriental,” kata Chef Ari kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, belum lama ini.
Total mahasiswa Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang yang belajar masak di Dapur Culinary 1 sekitar 18-an. Enam mahasiswa Culinary Kelas Pagi dibagi dua kelompok, sedangkan 12 mahasiswa Culinary Kelas Siang juga dibagi dua kelompok. Pengelompokan berdasarkan gender. Kelompok 1 anggotanya enam mahasiswi (Amanda dkk), sedangkan Kelompok 2 juga beranggotakan enam mahasiswa (Nico dkk). 
Penekanan pada pembelajaran Pengolahan Masakan Oriental Food ini difokuskan pada penguasaan ketrampilan dan penyajian makanan Oriental. Pembahasannya meliputi konsep dasar pengolahan masakan Oriental, karakteristik makanannya sendiri, pemanfaatan aneka sauce, bumbu, rempah-rempah dan kebiasaan makan di negara tersebut.
Meskipun enam mahasiswa Culinary Kelas Pagi tidak di-battle seperti halnya 12 mahasiswa Culinary Kelas Siang, namun dua kelompok mahasiswa Kelas Pagi itu tetap berupaya tampil all out sejak dari prepare bahan masakan di Store (Toko 9), memasak sesuai arahan dosen pembimbing hingga menyajikan masakan yang sudah di-plating di hadapan dosen pembimbing untuk dikritisi hasil kreasi masakannya.
Penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa, tampilan dan kreativitas, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Selain itu, mahasiswa Culinary Class juga dibekali pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan dapur yang bersih seperti yang diaplikasikan pada industri perhotelan.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar