twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 25 Juli 2019

Dari Ujian Praktik Masak Continental Food Sesi Pagi - Lima Kreasi Masakan Continental Food, Persembahan Mahasiswa Culinary Class Tristar Kaliwaron Semester II

Dari Ujian Praktik Masak Continental Food Sesi Pagi

Lima Kreasi Masakan Continental Food, Persembahan Mahasiswa Culinary Class Tristar Kaliwaron Semester II
SELAMA tiga hari berturut-turut, tepatnya mulai Selasa (18/12/2018) hingga Kamis (20/12/2018), 41 mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Semester I dan Semester II yang berkampus di Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, diuji membuat aneka kreasi masakan Continental Food dan Italian Fusion menurut versi mereka sendiri. Ujian praktik tersebut dihelat di Kitchen Culinary Tristar Intitute Kaliwaron.
Ujian praktik hari pertama, Selasa (18/12/2018), sesi pagi, diikuti lima orang, mahasiswa Culinary Class Semester II, yakni Amy Alice Yalanty, Beatrixs Surya Santoso Putri, Fatchur Rochman, Samuel  Pieter D. Pratama dan Reynaldo Hugo Hartono.
Dosen Culinary Tristar Institute Kaliwaron, Chef Mario Alvin Jonatan mengatakan,  ujian praktik masak Continental Food hari pertama yang dihelat sesi pagi diikuti lima mahasiswa Culinary Class Semester II, sedangkan ujian praktik sesi siangnya diikuti 12 mahasiswa (dibagi dalam enam kelompok) Culinary Class Semester I.
Bagi mahasiswa Culinary Class Semester II, ujian praktik ini menitikberatkan pada teknik masak Continental Food berupa main course yang banyak mengandung protein. Sumber proteinnya sendiri dari sari laut (seafood) seperti ikan laut (salmon, tuna atau kerapu), udang, lobster, cumi-cumi dan kepiting yang melimpah di Surabaya.
”Sementara itu bagi mahasiswa Semester I, ujian praktik masaknya kami fokuskan pada masakan Italian Food Fusion Asian Cuisines (Italian Fusion) atau terjemahan bebasnya masakan Itali dengan citarasa Asia,” kata Chef Jojo, sapaan akrab Mario Alvin Jonatan di dampingi Chef Afi Yasak, kepada kru www.culinarynews.info, Selasa (18/12/2018) siang.
Bagi peserta ujian praktik membuat kreasi masakan Continental Food dan Italian Food Fusion Asian Cuisines sebelumnya juga sudah diajarkan kepada mahasiswa di Kitchen Culinary Tristar Institute Kaliwaron. Dengan demikian, mahasiswa Culinary Class Semester II dituntut untuk berkreasi sendiri, demi memperoleh hasil yang terbaik mengingat ujian praktik ini sifatnya individual.
Dalam ujian praktik kali ini, pihak Akademik memberi atensi kepada setiap mahasiswa Culinary  Class berupa subsidi uang belanja bahan masakan Continental Food dan Italian Fusion @ sebesar Rp 60.000,00 per orang. Meskipun faktanya mereka masih tetap harus nomboki karena harga bahan masakan umumnya lebih besar dari nilai subsidi tersebut.
Lima mahasiswa Culinary Class Semester II yang maju ujian praktik masak sesi pagi, yakni Amy antusias membuat Spaghetti Pasta with Grilled Tuna, Beatrixs fokus menyiapkan Fish Cordon Bleu & Mashed Sweet Potato, Fatchur tampil all out membuat Seared Tuna with Veloute Sauce, Samuel tampil serius saat masak Salmon Creamy Steak dan Reynaldo dengan percaya diri menampilkan kreasinya yang berjudul Salmon with Lemon Butter Sauce.
Masih menurut Chef Jojo, ujian praktik membuat aneka kreasi Continental Food dan Italian Fusion pada hari pertama sesi pagi diikuti lima mahasiswa Culinary Class Semester II. Sedangkan ujian sesi siangnya diikuti 12 mahasiswa Culinary Class Semester I, yang terbagi dalam enam kelompok @ dua orang per kelompoknya.
”Sementara itu ujian praktik pada hari kedua (Rabu, 19/12/2018) dan ketiga (Kamis, 20/12/2018) di Kitchen Culinary Tristar Kaliwaron masing-masing diikuti 12 orang mahasiswa Culinary Class Semester I. Dengan demikian total mahasiswa Culinary Class Tristar Kaliwaron yang kami uji sebanyak 41 orang,” kata Chef Jojo kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.
Seperti ujian praktik masak yang lalu, maka durasi ujian praktik membuat kreasi masakan Continental Food dan Italian Fusion yang dilakoni mahasiswa Culinary Class Tristar Kaliwaron tidak lebih dari dua jam. Sementara itu, kriteria penilaiannya sendiri meliputi tampilan & kreativitas, tektur dan citarasa.
Usai mem-plating hasil kreasi masakannya masing-masing, maka hasil kreasi mahasiswa itu kemudian di-display di meja juri untuk dinilai oleh tiga orang anggota Dewa Juri, yakni Chef Afi Yasak, Chef Mario Alvin Jonatan dan Chef Fitri Syntiadewi.
Selain itu, setiap mahasiswa juga diminta presentasi di hadapan juri, mulai pemilihan bahan masakan sebelum dimasak, teknik memasaknya hingga latar belakang membuat masakan itu sendiri terinspirasi dari trend dan fenomena apa. Presentasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi 41 mahasiswa Culinary Class yang mengikuti ujian tersebut.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Kaliwaron, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Institute Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar