twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 29 Juli 2019

Belajar Master of Demonstration Bersama Chef Thomas Denny - Mahasiswa Culinary Class Tristar Samator Dibekali Pengetahuan Praktis Teknik Presentasi ala Master Chef

Belajar Master of Demonstration Bersama Chef Thomas Denny

Mahasiswa Culinary Class Tristar Samator Dibekali Pengetahuan Praktis Teknik Presentasi ala Master Chef

USAI liburan Tabun Baru 2019, tepatnya Senin (07/01/2019) siang, Dosen Culinary Tristar Samator, Chef Thomas Denny membekali anak didiknya pengetahuan praktis seputar teknik presentasi bertajuk Master of Demonstration. Praktik tersebut dihelat di Kampus Baru Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya.
Pengetahuan praktis tentang Master of Demonstration ini diberikan kepada mahasiswa Culinary Class mengingat profesi Chef belakangan ini lagi naik daun. Mereka sering diundang menjadi bintang tamu pada acara Cooking Demo di hadapan tamu dan undangan.
Bagi Chef yang sudah berpengalaman, presentasi di hadapan publik terutama di pusat-pusat perbelanjaan atau mal tidak jadi masalah. Mereka dengan enjoy-nya bisa enak berbicara kepada audiens tentang resep masakan berikut bumbunya, teknik memasak hingga cara mem-plating masakan agar tampil menarik, namun tetap fokus dengan aksi demo masaknya.
Begitu juga seorang Chef yang sudah terbiasa tampil di depan kamera (di-shooting oleh kameramen TV), misalnya, tidak akan nervous saat diminta presentasi dalam suatu acara Cooking Demo berdurasi 30 menit. 
”Namun sebaliknya bagi seorang Junior Chef, permintaan untuk presentasi di hadapan tamu dan undangan atau tampil di depan kamera, menjadi persoalan serius jika tidak dilatih intensif sejak dini,” cetus pria kelahiran Banjarmasin Kalimantan Selatan 1970 silam itu kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.  
Pengalamannya sebagai Chef lebih dari 18 tahun, memungkinkan dirinya enjoy saja saat diminta Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, M.MPar., tampil dalam acara Hibachi Cooking Demo di hadapan tamu dan undangan di lobi Graha Tristar, Grand City Convex atau pusat-pusat perbelanjaan terkenal di Surabaya. 
”Teknik masak yang satu ini penekanannya lebih pada cara memainkan show of fire dengan menggunakan mesin Grilling Hibachi yang dikombinasi dengan atraksi juggling knife, spatula, sendok garpu dan wadah bumbu,” kata Chef Thomas Denny. 
Oleh karena itu, Chef Thomas mempersilakan 14 mahasiswa Culinary Tristar Samator Kelas Siang (dibagi dalam empat kelompok, @ 3-4 orang per kelompok), tampil bergiliran untuk mendemonstrasikan teknik masak membuat Banana Foster di Kitchen Culinary Tristar Samator, Lantai 2, Sky Suites SOHO-Samator Land, Senin (07/01/2019) siang.
Masih menurut Chef Thomas Denny, bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat Banana Foster antara lain pisang Cavendish, rum, brown sugar (gula Jawa), white sugar (gula pasir) dan mineral water (air mineral). 
Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, maka setiap anggota kelompok ada yang ditugasi menyiapkan bahan masakan, presentasi, teknik memasak Banana Foster dan mem-plating-nya, sebelum masakan itu ditunjukkan kepada Chef Thomas Denny, yang siang itu memandu langsung mahasiswa praktik Master of Demonstration.
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan perkuliahan di Trestelle Accademia Culinaria cq Graha Tristar, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar