twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 25 Juli 2019

Dari Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Pastry di Kitchen Pastry 1 - Mahasiswa Baru Pastry Akpar Majapahit Persembahkan 20 Kreasi Produk ”Sweet Bread, Pudding dan Petit Four”

Dari Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Pastry di Kitchen Pastry 1

Mahasiswa Baru Pastry Akpar Majapahit Persembahkan 20 Kreasi Produk ”Sweet   Bread, Pudding dan Petit Four”

SELAMA tiga hari berturut-turut, tepatnya mulai Selasa (18/12/2018) hingga Kamis (20/12/2018), 20-an Mahasiswa Baru Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang yang diasuh Chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar., diuji membuat aneka kreasi produk pastry di Kitchen Pastry 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Ujian praktik itu mengangkat tiga tema yakni Sweet Bread, Hot & Cold Pudding dan Petit Four. Oleh karena itu, 20 mahasiswa yang menjadi peserta ujian pun bebas memilik salah satu dari tiga tema yang diusung pada ujian praktik yang dihelat pada pertengahan Desember 2018 lalu.
Ujian praktik hari pertama, Selasa (18/12/2018) siang, pesertanya sebanyak tujuh orang, sedangkan pada ujian praktik hari kedua (Rabu, 19/12/2018) siang juga diikuti tujuh orang mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit.
Sementara itu ujian praktik membuat kreasi produk pastry secara individual pada hari terakhir, Kamis (20/12/2018) siang, hanya diikuti enam orang. Mereka yang maju ujian praktik pada hari ketiga adalah Donny Andhika, Eka Yunia Rosyidah, Rafli Eizhar, Arjuna Anggara, Jessica Antonius dan Yasir Indrastata.
Seperti ujian praktik yang dihelat sebelumnya, setiap peserta ujian disubsidi pihak Akademik uang belanja sebesar Rp 50.000,00 per orang untuk membeli bahan-bahan kue. Jika kebutuhan belanjaan bahan kue itu melebihi besaran subsidinya, maka sebagian peserta ujian harus nomboki guna menutup kekurangannya.
Pada ujian praktik membuat aneka kreasi produk pastry secara individual itu, Donny Andhika antusias membuat Dragon Mango Pudding, Eka Yunia fokus menyiapkan Petit Flush Chocolate Spider, sedangkan Rafli Eizhar ingin mempersembahkan Crescent Roll with Smoke Beef & Mozzarella.
Sementara itu, Arjuna lebih sreg membuat Oreo Donut karena biaya produksinya dinilai paling hemat karena saat belanja bahan tidak lebih dari Rp 50.000,00. Sedangkan Jessica Antonius dan Yasir Indrastata berturut-turut membuat kreasi produk pastry kesukaannya, yang diberi judul Sticky Toffee Pudding with Salted Butter Caramel Sauce dan Quiche Flor-Raine.
Ujian praktik itu berdurasi sekitar tiga jam, mulai pukul 13.00-16.00 WIB, sejak persiapan bahan masakan, proses membuatnya hingga mem-plating kreasi produk pastry, sebelum hasil kreasinya itu dinilai dosen penguji.
Setelah bekerja keras di Dapur Pastry sekitar tiga jam, kreasi produk pastry enam mahasiswa Pastry Class tersebut dinilai dosen berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni Creativity & Plating (kreativitas dan tampilan), Texture (tekstur) dan Taste (cita rasa). Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan.
”Dengan mengacu standard operation procedure (SOP), maka mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit semakin terbiasa bekerja di dapur sesuai standar industri perhotelan. Hal ini jadi modal berharga saat mahasiswa itu magang kerja di Hotel atau Bakery & Cake Shop,” kata Chef Vivi, di ruang kerjanya.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar