twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 17 Juli 2019

Belajar Fruit Carving Basic Knowledge Bersama Chef Susilo - Mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar Praktik ”Fruit Carving Basic Knowledge” di Gunawangsa Hotel Manyar

Belajar Fruit Carving Basic Knowledge Bersama Chef Susilo

Mahasiswa Pastry Class Tristar Manyar Praktik ”Fruit Carving Basic Knowledge” di Gunawangsa Hotel Manyar 

SEBANYAK 18 mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Manyar –Trestelle Accademia Culinaria e Pasticceria-- belajar seni memahat buah (Fruit Carving Basic Knowledge) di Orchid Restaurant Gunawangsa Hotel Manyar bersama Chef Susilo Faisol. Pelajaran ekstra kurikuler ini merupakan bagian dari mata kuliah Akomodasi Perhotelan yang diasuh Dosen Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

 
Mereka antusias mengikuti teori dan praktik seni menghias buah Semangka dengan karakter bunga (Flower Character) yang disampaikan Chef Susilo Faisol, di Orchid Restaurant Lantai 23 Gunawangsa Hotel Manyar Jl. Menur Pumpungan No. 62 Surabaya, Kamis (29/11/2018) siang.
Sebelum praktik menghias buah dimulai, mahasiswa lebih dulu dikenalkan teori menghias sayur dan buah berikut peralatannya. Selain itu, mahasiswa juga ditunjukkan hasil kreasi fruit carving yang sudah jadi.
Menurut Chef Susilo, beberapa kreasi fruit carving yang di-display di pojok meja Orchid Restaurant itu mengusung model Thailand Style, Character Style (Naga, Burung Merak, Ikan Hias) dan Silluet Style. Bahannya antara lain Pepaya, Melon, Semangka, Mentimun, Wortel, Lobak, Roat Bit, Waluh (Pumpkin) dan lain-lain.
”Sedangkan motif bunga (Mawar dan Lotus), biasanya diajarkan untuk Basic Class agar mudah dipraktikkan mahasiswa yang baru mengenal Fruit & Vegetables Carving,” kata Chef Susilo, Corporate Chef Gunawangsa Hotels Group di sela-sela kesibukannya memberi materi Fruit Carving Basic Knowledge kepada kru www.culinarynews.info, Kamis (29/11/2018) sore.
Peralatan yang disediakan untuk  praktik menghias sayur dan buah-buahan antara lain aneka jenis pisau untuk menghias sayur dan buah-buahan yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Pasalnya, untuk membeli pisau jenis ini memang tersedia di toko swalayan dalam wadah satu set dan tidak dijual per item.
Setelah Chef Susilo menjelaskan dasar teorinya dan mempraktikkan langsung bagaimana tata cara menghias buah Semangka di hadapan mahasiswa, selanjutnya dosen mempersilakan masing-masing mahasiswa mempraktikkan apa yang sudah diajarkan sebelumnya.
”Kalian tidak perlu takut kalau salah atau hasil pahatan kaliah kurang bagus, yang penting bisa memeragakan bagaimana menghias buah secara baik dan benar dengan hasil yang memuaskan," terang Chef Susilo, yang cukup telaten mengajari dan membagi ilmunya kepada mahasiswa ketika memeragakan cara menghias buah Semangka.
Selain seni menghias sayur dan buah-buahan, mahasiswa Tristar Group dijadwalkan juga akan diajari seni memahat es. Boleh dikata seni memahat es dan menghias bahan makanan ini hasilnya amat mengagumkan.Tak salah jika hampir di semua perayaan besar yang ada di dunia, hampir pasti ditemukan 'seni dari makanan' apakah itu berbentuk patung cokelat, naga dari buah semangka dan lainnya.
Hasil kreasi tangan-tangan trampil inilah yang membuat penampilan pesta pernikahan, misalnya, jadi sangat berbeda dari biasanya. Pada gilirannya membuat tamu undangan pun senang berkat penampilan eksotik dari sebuah karya seni memahat es (ice carving) serta menghias sayur dan buah-buahan.(fruit & vegetables carving).
Dosen Pastry Class Tristar Manyar –Trestelle Accademia Culinaria e Pasticceria—Chef Otje H. Wibowo SE, M.Par mengatakan kegiatan ekstra kurikuler belajar Fruit Carving Basic Knowledge di Gunawangsa Hotel Manyar ini patut diapresiasi karena kegiatan ini merupakan upaya membekali mahasiswa pengetahuan yang terkait dengan mata kuliah Akomodasi Perhotelan yang diasuh R. Paulus W. Soetrisno M.Par.
”Kami juga mengapresiasi kepada manajemen Gunawangsa Hotel Manyar yang memfasilitasi kegiatan ekstra kurikuler belajar Fruit Carving Basic Knowledge yang dibimbing Chef Susilo di Orchid Restaurant,” kata Chef Otje H. Wibowo di dampingi General Manager (GM) Gunawangsa Hotel Manyar Deddy Prabowo dan Food & Beverage Manager (FBM) Hariyono.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar