twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 30 Juli 2019

Belajar Teknik Pengolahan Adonan Berlapis di Kitchen Pastry 1 - Chef Renny Savitri Demo Buat Croissant, Cheese Stick, Sausage Puff dan Pineapple Raisin Puff (Puff Pastry)

Belajar Teknik Pengolahan Adonan Berlapis di Kitchen Pastry 1

Chef Renny Savitri Demo Buat Croissant, Cheese Stick, Sausage Puff dan Pineapple Raisin Puff (Puff Pastry)

PASCA libur Tahun Baru Imlek 2019, 20 mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit Kelas Siang yang dibimbing Chef Renny Savitri M.Par mulai masuk kuliah kembali. Pada perkuliahan hari pertama, Rabu (06/02/2019) siang itu, mahasiswa diajarkan Teknik Pengolahan Adonan Berlapis di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Selama lima kali tatap muka, mahasiswa Pastry Class diajarkan membuat 20-an resep kue dengan teknik pengolahan adonan berlapis oleh Chef Renny. Dosen pengajar menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang produk adonan berlapis serta metode-metode yang ada.
Pada tatap muka hari pertama, Rabu (06/02/2019) siang itu, Chef Renny mendemonstrasikan cara membuat Croissant dan Puff Pastry (Cheese Stick, Sausage Puff dan Pineapple Raisin Puff) di hadapan anak didiknya.
Dalam demo masak itu, Chef Renny memberikan beberapa tips agar produk adonan berlapis yang dibuat tersebut hasilnya memuaskan. Pertama, teknik membuat adonan per layer-nya harus benar-benar kalis.
”Kedua, mengingatkan adonan itu mengandung unsur fermentasi (menggunakan bahan yeast), maka treatment-nya pun harus di-prover dulu selama 30-60 menit agar adonannya mengembang, sebelum produk adonan berlapis itu di-oven pada suhu 180 *C sekitar 15 menitan,” ujar wanita cantik dengan hijab di kepala tersebut.
Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Kamis (07/02/2019) siang, Chef Renny berbagi ilmu dengan anak didiknya praktik membuat empat resep yakni Croissant Sandwich, Croissant Mushroom, Cheese Croissant dan Croissant Sausage.
Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Selasa (12/02/2019) pagi, mahasiswa Pastry Kelas Siang, kembali diajarkan membuat empat resep yakni Cream Horn, Fruit Railways, Danish Square dan Danish Peach.
”Sementara itu pada pertemuan hari keempat, Rabu (13/02/2019) siang, saya akan mendemonstrasikan teknik membuat produk olahan berlapis yang tidak tersedia resepnya di Buku Ajar (Silabus),” kata Renny Savitri M.Par, Dosen Pastry Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, kemarin.
Selanjutnya pada tatap muka hari terakhir, Kamis (14/02/2019) siang, mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit akan diajarkan membuat empat resep lagi yakni Cheese Stick, Patty Shell, Saujisbroodjes dan Pisang Bolen Bandung.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar