twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 30 Juli 2019

Dari Ujian Praktik Buat Cup Cake, Muffin & Pie di Kitchen Pastry - Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi Persembahkan 10 Kreasi Cup Cake Muffin dan Pie versi Mereka Sendiri

Dari Ujian Praktik Buat Cup Cake, Muffin & Pie di Kitchen Pastry

Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi Persembahkan 10 Kreasi Cup Cake Muffin dan Pie versi Mereka Sendiri
SETELAH belajar teknik pengolahan Cup Cakes, Muffins dan Quick Breads di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, selama sebulan, giliran sekarang 10 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas pagi diuji oleh Chef Renny Savitri membuat aneka kreasi Cup Cake, Muffin dan Pie menurut versi mereka sendiri.

Ujian praktik tersebut dihelat selama tiga hari, yakni pada Jumat (01/02/2019), Senin (04/02/2019) dan Rabu (06/02/2019) pagi di Kitchen Pastry 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Pada ujian praktik hari pertama, Jumat (01/02/2019), tiga mahasiswa yakni Ronaldo, Reinaldy Dicky Liem dan Jordan Exel Daniel yang tampil duluan.
Dalam ujian praktik secara individual itu, Ronaldo mempersembahkan kreasinya yang berjudul Tuna Veggie Pie, sedangkan Dicky dan Jordan masing-masing membuat produk pastry unggulannya yakni Banana Cup Cake dan Marinara Beef Pie.
Selanjutnya mahasiswa yang dijadwalkan maju ujian praktik pada hari kedua, Senin (04/02/2019) pagi adalah Fikri Syarif Bachmid, Eggy Pradina Ramadhan, Frensisko Tri Ahmad (Frensis) dan Eriawan, namun yang datang hanya dua orang yakni Fikri dan Eggy.
Dalam ujian praktik di Kitchen Pastry Lantai 2, Graha Tristar Surabaya, kemarin, Fikri mempersembahkan Green Tea Chocochips Muffin dan Eggy antusias membuat Green Tea Cheese Muffin. Ujian praktik membuat aneka kreasi Cup Cake, Muffin dan Pie itu durasinya dua jam, namun bisa diselesaikan anak didik Chef Renny tidak lebih dari satu jam saja, sejak prepare bahan, memproses hingga mem-plating-nya.
Sedangkan jadwal ujian praktik pada hari terakhir, Rabu (06/02/2019) pagi, diikuti lima mahasiswa yakni Ika Indriyani (Lemon Meringue Chick Cup Cake), Muhammad Ihsanul Irfan (Sausage Muffin), Mia Kurnia Dewi (Strawbeery Pie), Frensisko Tri Ahmad (Chocolate Oreo Freeze Cup Cake) dan Eriawan. Menurut Chef Renny Savitri, ujian praktik yang dihelat awal Februari 2019 ini diikuti 10 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi.
Sebelum maju ujian, mereka sudah dibekali modal berupa uang tunai untuk belanja bahan membuat Cup Cake, Muffin atau Pie @ sebesar Rp 50 ribu per mahasiswa. ”Sebelum ujian praktik, setiap mahasiswa juga saya minta untuk menyerahkan resep yang akan dibuat berikut cara membuatnya,” ujar Chef Renny Savitri kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, kemarin.
Sementara itu, tim juri yang terdiri dari tiga orang yakni Chef Jiurike, Imania Ayu Wulandari dan Elizabeth, ditugaskan untuk menilai hasil kerja mahasiswa. Kriteria penilaian tersebut meliputi Tampilan & Kreativitas, Tekstur dan Cita Rasa. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada Standard Operation & Procedure (SOP) yang berlaku di industri perhotelan.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar