twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 31 Juli 2019

Dari Ujian Masak ala Chef Hibachi Bersama Chef Thomas Denny - Mahasiswa Advanced Culinary Class Tampil Satu per Satu untuk Demo Masak ”Saute Vegetables, Chicken Teriyaki dan Hibachi Noodle” di Lobi Graha Tristar

Dari Ujian Masak ala Chef Hibachi Bersama Chef Thomas Denny

Mahasiswa Advanced Culinary Class Tampil Satu per Satu untuk Demo Masak ”Saute Vegetables, Chicken Teriyaki dan Hibachi Noodle” di Lobi Graha Tristar
SETELAH diajarkan teknik masak Japanese Food ala Chef Hibachi oleh Chef Thomas Denny selama empat kali tatap muka, sekarang giliran enam mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit diminta tampil satu per satu, untuk demo masak Saute Vegetables, Chicken Teriyaki dan Hibachi Noodle. Demo masak tersebut dilakoni mahasiswa pada ujian praktik masak di Lobi Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (11/02/2019) pagi.
Enam mahasiswa Advanced Culinary Class yang tampil pada ujian praktik masak ala Chef Hibachi itu adalah Melvin Septian Budiono, Wayan Raditya Ananda Kusuma, Hatmadi Ismu S., Wahyu Trisna Ardi, Edric Wilbert Tjoa dan Erwin Santoso.
Tampil kali pertama adalah Wahyu Trisna Ardi, kemudian disusul oleh Wayan Raditya Ananda Kusuma dan selanjutnya yang maju ujian praktik adalah Edwin Santoso. Usai Edwin performance di hadapan dosen penguji, peserta ujian berikutnya adalah Melvin Septian Budiono.
Dalam ujian praktik masak tersebut, Melvin mencoba memberanikan diri untuk atraksi juggling spatula di hadapan dosen penguji. Langkah Melvin ternyata diikuti oleh Hatmadi yang mendapat giliran tampil pada urutan kelima. Bedanya, Hatmadi lebih fokus untuk show of fire saat mengawali demo masak Saute Vegetables.
Aksi membuat show of fire ini juga ditunjukkan oleh Edric Wilbert Tjoa yang kebagian sesi terakhir, untuk maju ujian praktik masak Saute Vegetables, Chicken Teriyaki dan Hibachi Noodle, di Lobi Graha Tristar, Jumat (11/02/2019) pagi.
Aksi ciamik enam peserta ujian praktik masak ala Chef Hibachi pagi itu juga diapresiasi oleh Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, M.MPar serta Kahumas & Marketing Officer Tristar Group Hendrik Adrianus SE, M.Par.
Kepada kru www.culinarynews.info, Chef Thomas mengatakan, selain ingin melihat kemampuan anak didiknya dalam memainkan knife, spatula, sendok parpu dan wadah bumbu, pihaknya juga ingin tahu sejauh mana anak didiknya bisa memainkan show of fire (pertunjukan api) di atas mesin Grilling Hibachi. Pasalnya, teknik masak yang satu ini penekanannya lebih pada cara memainkan show of fire yang baik dan benar saat menggunakan mesin Grilling Hibachi.
”Ujian praktik masak secara individual itu durasinya sekitar 15 menitan per orang. Penilaian ujiannya sendiri meliputi tampilan dan kreativitas, tekstur, rasa dan atraksi ala chef hibachi,” kata Chef Thomas di sela-sela ujian praktik, Senin (11/02/2019) siang.

Tiga masakan itu wajib di-plating dalam satu piring lebih dulu, sebelum dinilai oleh dosen penguji. Kriteria penilaian kreasi masakan itu tetap mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan. Mahasiswa yang praktik masak ala Chef Hibachi disertai atraksi juggling knife, spatula, sendok garpu dan wadah bumbu mendapatkan point tambahan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar