twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 30 Juli 2019

Belajar Masak ala Chef Hibachi Bersama Chef Thomas Denny - Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Masak Zucchini, Squid Teriyaki, Saute Vegetables dan Banana Flambe

Belajar Masak ala Chef Hibachi Bersama Chef Thomas Denny

Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Masak Zucchini, Squid Teriyaki, Saute Vegetables dan Banana Flambe

PADA pertemuan hari keempat, tepatnya Jumat (08/02/2019) pagi, enam mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit, kembali diajarkan Chef Thomas Denny seputar teknik masak Zucchini, Squid Teriyaki, Saute Vegetables dan Banana Flambe ala Chef Hibachi, di Lobi Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 
Enam mahasiswa Advanced Culinary Class yang belajar sekaligus praktik masak dengan teknik ala Chef Hibachi itu adalah Melvin Septian Budiono, Wayan Raditya Ananda Kusuma, Hatmadi Ismu S., Wahyu Trisna Ardi, Edric Wilbert Tjoa dan Erwin Santoso.
Teknik masak yang satu ini penekanannya lebih pada cara memainkan show of fire dengan menggunakan mesin Grilling Hibachi. Aksi Chef Thomas itu dilakukan di hadapan enam mahasiswa Advanced Culinary Class di Lobi Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kampus Akpar Majapahit.
Chef Thomas, sapaan akrab Thomas Denny, selain mengenalkan Dasar-dasar teknik masak ala Chef Hibachi kepada mahasiswa, juga bagaimana memainkan knife, spatula, sendok garpu dan wadah bumbu dalam sebuah atraksi yang menarik. 
Pasalnya, teknik masak yang satu ini berbeda dengan cara memasak secara klasik (konvensional) karena lebih menekankan pada kepiawaian memainkan show of fire di atas mesin Grilling Hibachi
”Pada pertemuan hari pertama itu, saya baru sebatas mengenalkan dasar teori tentang teknik masak Japanese Food ala Chef Hibachi dan teknik atraksi menggunakan alat masak seperti knife, spatula, sendok garpu dan wadah bumbu kepada mahasiswa,” kata Chef Thomas kepada kru www.culinarynews.info, akhir pekan lalu.
Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Rabu (06/02/2019), Chef Thomas praktik masak membuat Hibachi Noodle dan Hibachi Shrimp (Tempanyaki) untuk enam porsi sesuai jumlah mahasiswa Advanced Culinary Class. Praktik masak tersebut dihelat di Lobi Graha Tristar Surabaya.
Selanjutnya pada pertemuan hari ketiga, Kamis (07/02/2019), mahasiswa  Advanced Culinary Class kembali diajarkan masak Hibachi Fried Rice dan Hibachi Chicken Teriyaki dengan teknik masak ala Chef Hibachi di Lobi Graha Tristar Surabaya.
Sementara itu pada tatap muka hari keempat, Jumat (08/02/2019), mahasiswa Advanced Culinary Class kembali praktik masak membuat Zucchini, Saute Vegetables, Squid Teriyaki dan Banana Flambe dengan teknik masak ala Chef Hibachi.
”Pada pertemuan hari keempat itu, saya mendorong setiap mahasiswa untuk terus mengasah kemampuannya memainkan peralatan masak di atas mesin grilling hibachi karena pada ujian praktik nanti atraksi juggling hibachi ini ada point tersendiri di luar tiga kriteria yang umum yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan citarasa,” terang Chef Thomas Denny.
Pasalnya, pada pertemuan hari terakhir, Senin (11/02/2019), mahasiswa Advanced Culinary Class ditantang untuk mendemonstrasikan cara membuat Saute Vegetables, Hibachi Chicken Teriyaki dan Hibachi Noodle dengan teknik masak ala Chef Hibachi di Lobi Graha Tristar Surabaya seperti yang diajarkan sebelumnya.
 
”Ujian praktik masak secara individual itu durasinya sekitar 15 menitan per orang. Penilaian ujiannya sendiri meliputi tampilan dan kreativitas, tekstur, rasa dan atraksi ala chef hibachi,” kata Chef Thomas Denny kepada kru www.culinarynews.info, Jumat (08/02/2019).
Tiga masakan itu wajib di-plating dalam satu piring lebih dulu, sebelum dinilai oleh dosen penguji. Kriteria penilaian kreasi masakan itu tetap mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan. Mahasiswa yang praktik masak ala Chef Hibachi disertai atraksi juggling knife, spatula, sendok garpu dan wadah bumbu mendapatkan point tambahan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar