twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 30 Juli 2019

Belajar Buat Aneka Kreasi Chocolate Praline di Kitchen Pastry 1 - Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Praktik Buat ”Banana Praline, Cherry Blossom Praline, Rum Raisin Praline dan Vanilla Nut Truffle”

Belajar Buat Aneka Kreasi Chocolate Praline di Kitchen Pastry 1
Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Praktik Buat ”Banana Praline, Cherry Blossom Praline, Rum Raisin Praline dan Vanilla Nut Truffle”
PADA pertemuan hari terakhir, Senin (04/02/2019) siang, 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang diajarkan Chef Renny Savitri, teknik membuat Banana Praline, Cherry Blossom Praline, Rum Raisin Praline dan Vanilla Nut Truffle di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Sebelum praktik membuat empat kreasi Chocolate Praline, Chef Renny kembali menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang pembuatan dan pencetakan Chocolate Praline di hadapan anak didiknya. Selain itu, dosen pengajar juga membekali pengetahuan tentang jenis coklat dan teknik pengolahan coklat.
Sesuai panduan praktik membuat aneka olahan produk pastry di Buku Ajar (Silabus), para pertemuan hari kedua, Kamis (31/01/2019), mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang diajarkan membuat empat resep kreasi Chocolate Praline yakni Mocha Praline, Blueberry Cream Praline, Orange Cream Praline dan Rum Truffle.
Sedangkan tatap muka hari ketiga, yang sedianya dihelat pada Jumat (01/02/2019) siang, karena ada satu dan lain hal, kemudian jadwalnya diundur Senin (04/02/2019) siang. Pada pertemuan hari terakhir tersebut, Chef Renny membekali 20 anak didiknya cara membuat Banana Praline, Cherry Blossom Praline, Rum Raisin Praline dan Vanilla Nut Truffle di Kitchen Pastry 1 Graha Tristar Surabaya.
Mereka dibagi dalam 10 kelompok kecil, yang masing-masing kelompok beranggotakan dua mahasiswa. Setiap kelompok dipersilakan memilih satu dari empat resep kreasi Chocolate Praline, yakni Banana Praline, Cherry Blossom Praline, Rum Raisin Praline atau Vanilla Nut Truffle.
Dari empat resep tersebut, indikasi kreasi Chocolate Praline yang dibuat kelompok mahasiswa itu berhasil jika tampilan permukaan produknya –tiga produk Praline-- rata-rata mengkilap penampilannya, kecuali Vanilla Nut Truffle yang cenderung buram karena tidak dicetak dalam cetakan, melainkan dibentuk bulat pakai tangan. 
Untuk menghasilkan tampilan produk Praline yang menarik, mahasiswa juga harus paham teknik pengolahan coklat yang benar dan penggunaan bahan pewarna makanan (food coloring) yang tepat, sebelum praktik membuat Praline  di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.
”Demi hasil terbaik, mahasiswa juga diminta terus mengasah kreativitasnya ketika mem-plating produk Praline yang baru selesai dibuat. Jika saat mengambil Praline dari ada bagian pinggirannya yang belum rata, bisa Anda rapikan dengan gunting kecil agar finishing-nya nanti terlihat halus, menarik dan rapi,” kata Chef Renny memberi tips cara membuat kreasi Chocolate Praline yang menarik.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar