twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 23 Juli 2019

Praktik Masak World of Snacks Bersama Chef Ari Purwantoro - Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Diajarkan Buat ”Taiwanese Chicken & Fish, Okonomiyaki dan Yakitori” di Kitchen Graha Tristar

Praktik Masak World of Snacks Bersama Chef Ari Purwantoro

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Diajarkan Buat ”Taiwanese Chicken & Fish, Okonomiyaki dan Yakitori” di Kitchen Graha Tristar

SETELAH dibekali pengetahuan membuat aneka olahan masakan Oriental Food (Chinese Food),  18-an mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Semester III Kelas Pagi dan Kelas Siang yang dibimbing Chef Ari Purwantoro, SSt.Par., MM., giliran dibekali pengetahuan masak World of Snacks selama lima kali pertemuan untuk belajar mengolah 15 resep masakan atau  tiga menu masakan per harinya.
Praktik masak aneka snack kekinian itu berasal dari China, Belanda, Mexico, Argentina, Filipina, Jepang, India, Indonesia, Korea, Singapura dan Taiwan. Aneka camilan tersebut sampai saat ini disuka konsumen dan banyak dijajakan.di pusat-pusat perbelanjaan modern di Surabaya dan kota-kota besar di Indonesia.
Praktik masak World of Snacks itu dimulai sejak Selasa (12/12/2018) hingga Senin (17/12/2018) lalu. Sementara itu pada pertemuan hari pertama, Selasa (12/12/2018) pagi, mahasiswa Culinary Class dibekali pengetahuan masak tiga resep masakan World of Snacks  yakni Taiwanese Chicken & Fish, Yakitori dan Okonomiyaki di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Sementara itu pada tatap muka hari kedua, Rabu (13/12/2018), mahasiswa Culinary Class yang diasuh oleh Chef Ari, kembali diajarkan teknik masak membuat Corn Dog, Takoyaki dan Hotteok.
Sedangkan pada pertemuan hari ketiga, Kamis (14/12/2018), Chef Ari Purwantoro berbagai ilmu masak dengan anak didiknya cara membuat Bitter Ballen, Samoza dan Fish & Chip di Kitchen Graha Tristar.
Selanjutnya pada tatap muka hari keempat, Jumat (15/12/2018), mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Semester III Kelas Pagi dan Kelas Siang, praktik masak membuat Cireng, Roti John dan Bakwan Bakar.
”Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Senin (17/12/2018), mahasiswa Culinary Class itu kami ajarkan teknik masak membuat Arem-arem, Potato Spuds dan Quesar Dillas,” kata Chef Ari kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya.
Setiap kali tatap muka dengan mahasiswa Culinary Class di Kitchen Graha Tristar, pihaknya membuat tiga resep masakan Asian Snack. Jika pembelajaran masak World of Snacks itu dilakoni lima kali pertemuan, maka mahasiswa diajarkan membuat 15 resep masakan World of Snacks yang disuka konsumen.
Jumlah mahasiswa Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang yang belajar masak di Dapur Culinary 1 sekitar 18-an. Enam mahasiswa Culinary Kelas Pagi dibagi dua kelompok, sedangkan 12 mahasiswa Culinary Kelas Siang dibagi tiga kelompok.  
Pada pertemuan hari pertama, Selasa (12/12/2018) pagi, misalnya, enam mahasiswa Culinary Kelas Pagi –Mirza, Maya, Syntia, Liana, Rada dan Nabilla-- yang diasuh Chef Ari Purwantoro, praktik masak membuat Taiwanese Chicken & Fish, Yakitori dan Okonomiyaki.
Masing-masing kelompok berupaya tampil all out sejak dari prepare bahan masakan di Store (Toko 9), memasak sesuai arahan dosen pembimbing hingga menyajikan masakan yang sudah di-plating di hadapan dosen pembimbing, untuk dikritisi hasil kreasi masakannya.
Penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa, tampilan dan kreativitas, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Selain itu, mahasiswa Culinary Class juga dibekali pentingnya aspek higienis dan sanitasi. Makanan yang higienis dihasilkan dari lingkungan dapur yang bersih seperti yang diaplikasikan pada industri perhotelan.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar