twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 26 Juli 2019

Praktik Masak Appetizer & Menu Vegetarian Bersama Chef Ari - Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Diajarkan Buat ”Nicoise, Shrimp Cocktail dan Oriental Salad with Tuna” di Kitchen Graha Tristar

Praktik Masak Appetizer & Menu Vegetarian Bersama Chef Ari

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Diajarkan Buat ”Nicoise, Shrimp Cocktail dan Oriental Salad with Tuna” di Kitchen Graha Tristar

SETELAH berakhirnya masa liburan di pengujung tahun 2018, perkuliahan pun kembali bergulir efektif mulai pekan ketiga atau tepatnya mulai Senin (14/01/2019). Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Ari Purwantoro, SSt.Par., MM., langsung praktik masak membuat aneka kreasi Appetizer dan Vegetarian Menu di Kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus) yang dibagikan kepada mahasiswa, maka selama lima kali pertemuan, mahasiswa dibekali 12 resep Appetizer dan Vegetarian Menu. Khusus pada tatap muka hari ketiga, Rabu (16/01/2019) pagi, mahasiswa diajarkan tentang teknik Ice Carving.
Praktik masak Appetizer dan Vegetarian Menu hari pertama, Senin (14/01/2019) pagi, mahasiswa Culinary Class dibekali pengetahuan masak tiga resep masakan Appetizer yakni Nicoise, Shrimp Cocktail dan Oriental Salad with Tuna (Chicken or Beef) di Kitchen Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.
Sementara itu pada tatap muka hari kedua, Selasa (15/01/2019) pagi, mahasiswa Culinary Class yang diasuh oleh Chef Ari Purwantoro, kembali diajarkan teknik masak membuat Fruits Salad, Huzarensia dan Devil Egg.
Sedangkan pada pertemuan hari ketiga, Rabu (16/01/2019) pagi, mahasiswa Culinary Class fokus untuk praktik Ice Carving di area parkir depan Graha Tristar. Mahasiswa diajarkan teknik memahat es antara lain membuat berbagao hiasan seperti satwa (angsa), huruf dan angka yang lebih mengedepankan aspek art-nya.
Selanjutnya pada tatap muka hari keempat, Kamis (17/01/2019) dan pertemuan hari terakhir, Jumat (18/01/2019) pagi, masing-masing diajarkan membuat tiga resep Appetizer dan Vegetarian Menu di Kitchen Graha Tristar.

Sekadar informasi, dalam sebuah acara jamuan makan malam lengkap (table manner) yang mengusung konsep fine dinning, misalnya, menu Appetizer disajikan kali pertama sebagai menu pembuka, yang sifatnya tidak mengenyangkan, melainkan untuk merangsang nafsu makan umumnya berupa Fruits & Vegetables Salad.
Di sejumlah hotel berbintang atau restoran ternama, jamuan makan malam (fine dinning), sebelum menu Appetizer dikeluarkan oleh waiters/waitress, ada sajian ringan berupa Bread & butter (BB), berupa roti tawar dengan butter dan selai.
Setelah menyajikan menu Appetizer, kemudian dihidangkan aneka olahan Soup. Untuk selanjutnya waiters mengeluarkan aneka menu utama (Main Course). Sedangkan menu makan penutupnya adalah Dessert yang meliputi pudding, fruits slice (buah iris), es buah, es kelapa muda, lemon tea, aneka juice, infused water dan mineral water.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar