twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 22 Januari 2021

Memotret Kehebohan Mahasiswa Culinary Art Class Praktik Masak Indonesian Cuisines

 

Segarnya Sayur Bening, Kothokan Ikan Panggang dan Gurihnya Dadar Jagung, Hasil Masakan Mahasiswa 



MENGAWALI masa perkuliahan pada pekan ketiga Januari 2021, mahasiswa Culinary Art (C1) Kelas Pagi yang diasuh Chef Ari Purwantoro dan mahasiswa Culinary Art (C2) Kelas Pagi yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Selasa (19/01/2021) pagi, langsung diajarkan cara masak tiga menu masakan Indonesian Cuisines, yakni Sayur Bening, Kothokan Ikan Panggang dan Dadar Jagung.


Sebelum praktik masak di di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, pagi itu, baik Chef Ari maupun Chef Nadya, lebih dulu menerangkan kepada anak didiknya masing-masing, sejumlah bahan yang dibutuhkan untuk masak Sayur Bening, yakni local spinach, luffa (gambas), shallot, white sugar dan salt, kunci, salam leaf dan water.


Shallot, white sugar dan salt untuk bumbu Sayur Bening dihaluskan lebih dulu, kemudian dimasukkan ke dalam panci yang berisi air yang dipanaskan. Selanjutnya Anda masukkan juga irisan kunci, salam leaf, local spinach dan irisan luffa (gambas) biarkan beberapa saat hingga sayur tersebut masak.


”Kesegaran Sayur Bening umumnya berasa agak manis dengan aroma kunci yang khas,” kata Chef Nadya saat mencicipi hasil masakan anak didiknya yang di-display di meja uji, Selasa (19/01/2021) siang.

 

Sedangkan menu kedua adalah membuat Kothokan Ikan Panggang. Masakan khas berkuah santan itu cukup dikenal oleh lidah orang Surabaya dan Jatim pada umumnya. Olahan Ikan Panggang dari hasil tangkapan nelayan tradisional Pantai Kenjeran Surabaya, dikreasi oleh mahasiswa Culinary Art Class menjadi salah satu sajian makan siang yang menggoda selera.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk masak Kothokan Ikan Panggang meliputi local smoke fish, shallot, garlic, kaffir leaf, candlenut, hot chilli, lemon grass, light cocomilk, white sugar dan salt. Semua bahan untuk membuat Kothokan Ikan Panggang tersebut mudah didapatkan di pasar tradisional maupun pasar modern di Surabaya dan sekitarnya.

 

Untuk menyiapkan bumbunya, shallot, garlic, white sugar dan salt dihaluskan lebih dulu, kemudian di-sautee sampai bumbu tersebut mengeluarkan aroma harum. Selanjutnya masukkan kaffir leaf, candlenut, lemon grass dan light cocomilk berikut ikan panggang yang sudah dibersihkan.


”Olahan Kothokan Ikan Panggang tersebut dimasak sampai matang sempurna dan usahakan ikan panggangnya tidak sampai hancur agar hasil plating-nya nanti tampilannya cantik dan menarik,” ujar Chef Ari Purwantoro memberikan tips kepada anak didiknya saat praktik di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya.

 

Sementara itu menu pamungkas yang dibuat mahasiswa Culinary Art Class, pagi itu, adalah membuat Dadar Jagung. Olahan makanan tradisional berbasis jagung yang punya nama keren Corn Fritter itu, selain bisa dipakai untuk lauk pauk, juga cocok jika langsung dimakan tanpa nasi layaknya produk gorengan seperti ote-ote dan tahu tempe goreng.

 

Demi membuat Dadar Jagung yang superenak, menurut Chef Nadya, maka bahannya meliputi corn cob, shallot dan garlic (dihaluskan hingga menjadi paste), kemudian ditambahkan dengan bread flour, spring onion, egg, sugar, salt & pepper. Upayakan juga saat membumbui adonan Dadar Jagung tersebut tidak terlalu asin, namun rasa manis dan asin (gurih)-nya seimbang.


Saat penyajiannya di meja display agar terlihat lengkap, maka anak didik Chef Ari maupun Chef Nadya juga diminta menanak Nasi Putih. Sehingga, saat menu masakan Indonesian Cuisines itu dihidangkan terdiri dari Nasi Putih, Sayur Bening, Kothokan Ikan Panggang dan Dadar Jagung.


”Sebuah perpaduan sempurna untuk sebuah sajian menu makan siang ala Indonesian Cuisines yang lezat, bergizi dengan harga yang terjangkau,” tandas Chef Nadya Ratri Aryani kepada kru www.sekolahmasak,info di ruang kerjanya, Selasa (19/01/2021) siang.


Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar