twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 19 Januari 2021

Keseruan Aksi Mahasiswa Belajar Buat Cakes Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


 Praktik Hari Pertama, Mahasiswa Pastry Art Persembahkan Snow White Cake, Banana Cake, Cappuccino Coffee Cake dan English Cake


MEMULAI perkuliahan awal Tahun Baru 2021, 14 orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang diasuh Chef Dwi Mei Retnowati belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue (Cake). Sekitar 12 resep aneka kreasi cakes akan dipraktikkan mahasiswa selama tiga kali pertemuan, di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada tatap muka hari pertama, Selasa (19/01/2021) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi praktik membuat empat resep cakes, yakni Snow White Cake, Banana Cake, Cappuccino Coffee Cake dan English Cake.

Sebelum praktik di kitchen, mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi ini dibekali pengetahuan umum tentang teknik dasar pembuatan cake oleh Chef Mei, sapaan akrabnya. Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit ini membagi 14 anak didiknya menjadi tujuh kelompok.

Kelompok 1 dan 2 kebagian tugas membuat Snow White Cake, Kelompok 3 dan 4 mendapat jobs membuat Banana Cake, Kelompok 5 dan 6 diberi tanggung jawab membuat English Cake dan Kelompok 7 diminta membuat Cappuccino Coffee Cake.

Pada pertemuan perdana, mereka tampil antusias saat diminta menyiapkan bahan untuk bikin adonan cakes sesuai job desk-nya masing-masing. Tak salah jika setiap kelompok –masing-masing beranggotakan dua orang-- berupaya tampil all out demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.

Kelompok 1 dan 2 kebagian tugas membuat Snow White Cake, misalnya, sudah prepare bahan pembuatan kue di meja kerja, yang terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, melted margarine, choco paste dan lychee essence.

Demi menyiapkan adonan untuk membuat cake-nya dengan sponge method, maka emua bahan tersebut di-mixer lalu dimasukkan ke dalam loyang berdiameter 18 cm dan di-bake pada suhu 180 *C selama 25-30 menitan. Cake yang sudah di-bake diangkat dari mesin oven lalu diiris menjadi tiga lapis (layers). 

Masing-masing lapisan itu diolesi sampai merata dengan Filling Chantilly Cream & Lychee yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk membuat Filling Chantilly Cream & Lychee sendiri memanfaatkan tiga macam bahan berupa whipped cream, icing sugar (di-whip sampai hard pick) dan buah lychee-nya sendiri di-chop.

Sementara itu untuk membuat Cover-nya butuh dua jenis bahan yang terdiri dari whipped cream dan chocolate white compound produksi Elmer Chocolate Premium, sedangkan untuk garnish dan filling-nya sendiri butuh 1 can lychee, 5 pieces buah cherry red dan beberapa lembar daun mint (mint leaves) yang kondisinya masih segar.

Selain Kelompok 1 dan 2, lima kelompok lain juga bekerja all out di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya, demi menghasilkan produk pastry yang memenuhi standar industri perhotelan.

Karena itu sebelum cake hasil kreasi mahasiswa itu dinilai oleh Dosen Pengajar, maka setiap kelompok juga diajarkan teknik membuat ornamen dari dark chocolate maupun white chocolate agar tampilan cake-nya cantik, menarik dan berkelas saat mereka mem-plating dan meng-garnish kue tersebut.

”Jadi tidak hanya memelototi aspek cita rasa dan teksturnya saja yang saya perhatikan, namun aspek tampilan dan kreativitas penyajian juga saya nilai agar mahasiswa terbiasa bekerja di kitchen sesuai standar hotel berbintang,” pungkas Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, kemarin siang.

Selain diajarkan membuat empat resep cakes pada hari pertama, maka pada pertemuan hari berikutnya, Rabu (20/01/2021) pagi, Chef Mei kembali berbagi dengan anak didiknya cara membuat empat resep cakes yang berbeda, yakni Floss Cheese Roll Cake, Red Velvet Tiger Roll Cake, Zebra Angel Cake dan Coconut Angel Cake.

Selanjutkan tatap muka hari ketiga baru dihelat pekan depan, tepatnya pada Selasa (26/01/2021) pagi. Materi praktiknya adalah membuat empat resep cakes yang lain dari yang diajarkan sebelumnya, yakni Fudge Brownies, Cheese Brownies, Chiffon Pandan Cheese Cake dan Strawberry Cotton Cake.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar