twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 30 Januari 2021

Dari Cooking Demo with Chef Ari Purwantoro di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Angkat Kelezatan Nasi Minyak Malbi dengan Sambal Nanas, Masakan Legendaris dari Palembang

 

PADA tatap muka hari Senin (25/01/2021) siang, mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Siang, antusias mengikuti gelaran Cooking Demo with Chef Ari Purwantoro, di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Dalam demo masak siang itu, mahasiswa dikenalkan salah satu menu masakan tradisional khas dari daerah Palembang Sumatra Selatan yang legendaris yakni Nasi Minyak Malbi dengan Sambal Nanas.

 

Sebagai warisan budaya kuliner Nusantara, Nasi Minyak Malbi dengan Sambal Nanas-nya cukup populer di daerah Palembang, Sumatra Selatan. Masakan tradisional itu cukup legendaris di mata warga lokal maupun wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke kota tersebut.

 

Tak salah jika salah satu masakan tradisional khas dari daerah Sumatra Selatan tersebut juga diapresiasi oleh pihak akademik dan diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit (Tristar Group).

 

Sebelum cooking demo dimulai, Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit ini lebih dulu menjelaskan bahan yang dibutuhkan untuk masak Nasi Minyak Malbi dengan Sambal Nanas, di hadapan 14 orang anak didiknya yang hadir siang hari tersebut.

 

Untuk masak Nasi Minyak Malbi dengan Sambal Nanas, ada beberapa tahapan pekerjaan yang ditempuh. Pekerjaan tahap pertama adalah menyiapkan beras untuk membuat Nasi Minyak-nya yang supergurih mirip seperti Nasi Kebuli, olahan nasi khas dari Timur Tengah.

 

Selain beras, masih ada sejumlah bahan pendukung lainnya yang dibutuhkan untuk membuat Nasi Minyak yakni garlic, samin oil (minyak dari pengolahan lemak domba), clove, cinnamon, cardomon, tomato ketchup, kismis dan cumin.

 

Selanjutnya, membuat bumbu berbentuk paste untuk membuat olahan Tenderloin (Daging Sapi Lokal), yang bahannya terdiri dari shallot, garlic, nutmeg, cumin, salam leaf, cinnamon, clove, sweet soy, tamarind, cocomilk dan tenderloin lokal.


Sebelum dimasak bersama bumbunya, tenderloin lokal itu digoreng sebentar lalu diangkat dan ditiriskan untuk mengurangi kadar minyaknya. Sementara itu bumbu yang sudah dihaluskan di-saute hingga keluar aroma harum.

 

Selanjutnya Anda masukkan daging sapi lokalnya ke adonan bumbu tersebut, lalu tambahkan coconut milk dan air secukupnya kemudian diaduk sampai merata dan masak hingga matang sempurnya sampai kuah bumbunya reduce tinggal 15-20 persennya saja.

 

Di samping itu mahasiswa juga diajarkan teknik masak Nasi Minyak Malbi , juga diminta menyiapkan Sambal Nanas sebagai condiment-nya. Pekerjaan terakhir membuat Sambal Nanas memanfaatkan bahan-bahan seperti shallot, garlic, pineapple, red chilli dan hot chilli yang selanjutnya ditumis menjadi satu selama beberapa menit. Kini penampilan Sambal Nanas pun jadi luar biasa cantik!


Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar