twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 20 Januari 2021

Asyiknya Belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue di Graha Tristar Surabaya


 Chef Upi Beri Sentuhan Akhir Empat Kreasi Cakes yang Dibuat Mahasiswa Pastry Art (P1) Kelas Siang agar Tampak Cantik, Menarik dan Berkelas


DEMI tampilannya tampak cantik, menarik dan berkelas, empat kreasi cakes --Floss & Cheese Roll Cake, Red Velvet Tiger Roll Cake, Zebra Angel Cake dan Coconut Angel Cakeyang dibuat mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Siang, diberi sentuhan akhir oleh Chef Upi Palupi S.Pd., M.MPar., saat mendampingi anak didiknya belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Rabu (20/01/2021) siang.


Sentuhan akhir itu yang diajarkan Chef Upi adalah bagaimana cara mem-plating, memberikan topping dan meng-garnish cakes dengan mint leaf, parsley, red cherry, tomato cherry, strawberry, memanfaatkan teknik dusting dengan white sugar powder atau dikasih ornamen yang bahannya dari  dark chocolate compound atau white chocolate compound.

”Berbagai upaya untuk menghias cake ini semua agar produk pastry itu tampilannya keren, sebelum cake yang dibuat mahasiswa tersebut ditampilkan di atas meja display,” kata Chef Upi Palupi, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Rabu (20/01/2021) siang.

Chef Upi Palupi lalu memberikan contoh Floss & Cheese Roll Cake yang diberi topping abon daging sapi atau daging ayam, selain tampilannya jadi menarik, juga memberikan sensasi rasa gurih di atas dan manis di bawahnya dengan teksturnya yang lembut.

Sementara itu lanjut Chef Upi, praktik membuat empat kreasi cakes pada tatap muka hari kedua siang itu dihadiri enam dari delapan mahasiswa Pastry Art Class. Oleh Chef Upi, dari enam mahasiswa yang hadir itu kemudian dibagi dalam empat kelompok.

Kelompok 1 (personelnya dua orang) mendapat tugas membuat Floss & Cheese Roll Cake, sedangkan Kelompok 2 (juga beranggotakan dua orang) kebagian job membuat Red Velvet Tiger Roll Cake.

”Sementara itu tugas membuat Zebra Angel Cake, saya serahkan kepada Kelompok 3 (satu mahasiswa) dan Coconut Angel Cake diberikan kepada Kelompok 4 (juga satu orang mahasiswa),” kata Chef Upi, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit tersebut.

Sebelum praktik di kitchen pada hari kedua tersebut, mahasiswa Pastry Art Kelas Siang ini kembali dibekali pengetahuan umum tentang Teknik Dasar Pembuatan Kue oleh Chef Upi, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit ini.

Masing-masing kelompok pun berupaya tampil all out saat diminta menyiapkan bahan untuk bikin adonan cakes sesuai job desk-nya masing-masing. Tak salah jika setiap kelompok berupaya tampil sebaik mungkin demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.

Kelompok 1 yang kebagian tugas membuat Floss & Cheese Roll Cake, misalnya, sudah prepare bahan pembuatan kue dengan teknik sponge method ini di meja kerja, yang terdiri dari egg yolk, egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, milk powder dan melted margarine untuk membuat adonan vanilla roll cake-nya.

Selanjutnya menyiapkan cheese filling-nya dengan memanfaatkan tiga bahan yakni cheddar cheese, cream cheese dan fresh cream (yang sudah di-whip). Sedangkan langkah berikutnya membuat cover-nya yang bahannya terdiri dari mayonnaise dan beef floss atau chicken floss (abon daging sapi atau daging ayam) dan garnish-nya berupa tomato cherry dan parsley.

Sementara itu, aksi Kelompok 2, 3 dan 4 juga tidak kalah serunya dengan Kelompok 1. Mereka penuh antusias membuat tiga resep cake kekinian, yakni Red Velvet Tiger Roll Cake, Zebra Angel Cake dan Coconut Angel Cake di Kitchen Patisserie Graha Tristar sesuai arahan dosen pembimbing.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar