twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 26 Januari 2021

Baking Demo with Chef Vivi Liong di Kitchen Pastry Tristar Manyar Kampus Food University


Usung Pernak Pernik Imlek 2021, Persembahkan Sincia Ox Tartlet yang Gurihnya Mantap Betul


CHEF Vivi Liong S.Pd., M.MPar., Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria), mempersembahkan Sincia Ox Tartlet yang tampil cantik, menarik dan elegan dengan pernak pernik bernuasa Imlek, dalam gelaran Baking Demo with Chef di Kitchen Pastry Tristar Manyar Kampus Food University Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 244 Surabaya, Kamis (21/01/2021), pekan lalu. 

 

Pernak pernik Imlek yang menghiasi tampilan Sincia Ox Tartlet –berasa gurih (savoury taste)—itu sengaja diadopsinya dalam gelaran baking demo kali ini, demi menyambut kemeriahan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021 mendatang.

”Demi menghasilkan produk pastry dengan tampilan kekinian, saya pun berusaha tampil all out saat membuat Sincia ox Tartlet yang gurih rasanya,” ujar Chef Vivi Liong kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.

Dalam gelaran Baking Demo with Chef tersebut, pihaknya juga melibatkan sekitar 15-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar yang hadir pagi itu. Harapannya, mahasiswa bisa mencoba membuat sendiri resep Sincia Ox Tartlet ini di rumahnya masing-masing.

”Lebih surprise lagi jika Sincia Ox Tartlet itu nantinya dihidangkan bersama sejumlah makanan dan minuman yang lain saat merayakan Tahun Baru Imlek bersama keluarga,” kata Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar ini.

Untuk membuat Sincia Ox Tartlet yang superenak, ada beberapa tahapan pekerjaan yang wajib dilakoni. Pekerjaan tahap pertama membuat Skin-nya dulu, Bahannya sendiri terdiri dari tepung Segitiga Biru, icing sugar, salt, margarine, egg dan ice water.

Pekerjaan berikutnya adalah menyiapkan Filling-nya. Bahan untuk membuat filling meliputi margarine, onion, garlic, ground beef, sausage beef (dipotong small cube), carrot (juga dipotong small cube), frozen peas, nutmeg (di-grated), salt, pepper, sugar, mushroom stock powder, cooking cream, cornstarch, cheddar cheese, sweet soy sauce dan celery.

Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk membuat Topping-nya adalah cheddar cheese (di-grated), parsley dan chilli. Sedangkan egg yolk dimanfaatkan sebagai Egg Wash-nya agar tampilan permukaan Sincia Ox Tartlet seusai di-bake tampak mengkilap.

Masih menurut Chef Vivi, skin yang sudah jadi di-bake pada suhu 170*C selama 15 menitan, sedangkan Sincia Ox Tartlet sendiri –tentunya sudah diisi filling dan dikasih topping sesuai resep dan diolesi kuning telur— baru di-bake di mesin oven pada suhu 180*C selama 20 menitan.

Perlakuan ini menghasilkan cita rasa Sincia Ox Tartlet remah dan halus tesktur skin-nya, sedangkan filling-nya terasa melted dan gurih banget saat dikunyah. Hmmm sedapnya! Cita rasa Sincia Ox Tartlet yang superenak cocok banget bila disandingkan dengan menu utama lainnya saat Anda merayakan Tahun Baru Imlek, Shio Kerbau Logam 2021 bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Happy Chinese New Year. Gong Xi Fat Cai 2021 …

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar